Yuk Intip Prosedur Operasi Pusar

Minggu, 25 Februari 2018 - 12:20 WIB
Yuk Intip Prosedur Operasi Pusar
Yuk Intip Prosedur Operasi Pusar
A A A
TAK semua orang memiliki bentuk pusar yang indah dan sempurna. Karena itu, muncul operasi pusar yang menawarkan orang untuk memiliki pusar idaman.

Prosedur operasi pusar memang cukup baru dalam dunia bedah plastik. Selebriti Kim Kardashian adalah salah satu dari beberapa selebriti yang pernah menjalaninya. Di Korea Selatan, operasi pusar juga telah dilakukan oleh Lee Hyori.

Hal ini biasanya dilakukan selebritas agar nyaman menampilkan pusar saat mengenakan pakaian yang terbuka di bagian perut. Menurut Dr Simon Ourian, dokter bedah plastik langganan Kim Kardashian, bentuk pusar setiap individu umumnya berbeda-beda.

Ada orang yang memiliki pusar lebih menonjol ke dalam, ataupun ada yang menonjol keluar. Banyak orang yang bentuk pusarnya menonjol ke luar terindikasi mengalami hernia umbilikalis atau penonjolan organ dalam perut yang keluar dari daerah pusar.

“Pasca melahirkan, pusar seorang perempuan akan mengalami perubahan dan beberapa di antaranya menginginkan bentuk pusarnya kembali seperti sedia kala,” ujar Dr Ourian, seperti dilansir dari allure.com . Ada beberapa jenis prosedur operasi pusar, salah satunya, menurut Dr Ourian adalah operasi laser perbaikan pusar.

Menurutnya, perbaikan pusar dengan laser memang bermanfaat bagi perbaikan bentuk pusar, namun prosedur ini juga cukup menyakitkan. “Idealnya dalam operasi laser perbaikan pusar, pusar akan dibentuk menjadi lebih vertikal agar otot abs keliatan lebih kencang dan rata,” ujar Dr Ourian.

Sementara itu, menurut Dr Darren Smith, ahli bedah plastik bersertifikat di New York, pusar adalah fitur kosmetik yang sangat penting dari perut. Menurutnya, setiap tahunnya ada peningkatan minat pasien terhadap operasi pusar.

Menurut dia, dalam dunia estetika, operasi pusar disebut juga dengan istilah umbilicoplasty. “Umumnya mereka yang melakukan umbilicoplasty tertarik untuk memulihkan pusar mereka setelah kehamilan, operasi perut, dan setelah sejumlah besar penurunan berat badan,” kata Dr Smith.

Lebih lanjut Dr Smith menjelaskan, umbilicoplasty adalah prosedur untuk mengubah ukuran dan atau bentuk pusar. Prosedur ini sangat sesuai untuk ibu yang baru melahirkan. “Pusar yang terlalu besar bisa dibuat lebih kecil dengan mengeluarkan kulit ekstra pusar dan mengencangkan kulit perut yang berbatasan di sekitar pusar,” kata Dr Smith.

Dr Smith menyebutkan, prosedur ini memakan waktu kurang lebih satu jam, namun tergantung kondisi pusar masing-masing pasien. Pascaprosedur, pasien membutuhkan beberapa hari untuk pemulihan. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)