Lawatan KSBN di Mesir Perkuat Wibawa Diplomasi Budaya

Sabtu, 26 Mei 2018 - 16:56 WIB
Lawatan KSBN di Mesir Perkuat Wibawa Diplomasi Budaya
Lawatan KSBN di Mesir Perkuat Wibawa Diplomasi Budaya
A A A
KAIRO - Kedutaan Besar Republik.Indonesia (KBRI) di Mesir menilai lawatan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) di Cairo & Alexandria Ramadhan Festival 2018 akan memperkuat wibawa diplomasi budaya.

Duta Besar RI dan Berkuasa Penuh di Mesir Helmi Fauzi mengatakan kesenian adalah salah satu ujung tombak diplomasi Indonesia di luar negeri. Karena itu, penampilan tim KSBN yang dimulai pada Sabtu (26/5/2018) akan berdampak positif bagi perjalanan diplomasi Indonesia di negeri itu.

"Saya menyambut baik kehadiran tim KSBN di Cairo & Alexandria Ramadhan Festival 2018. Penampilan KSBN di Mesir bukan semata memperkenalkan seni budaya Nusantara, juga akan sangat membantu diplomasi kita internasional, khususnya Mesir," kata Dubes Helmi saat menerima tim KSBN pimpinan Hendardji Soepandji di Kantor Kantor KBRI Mesir.

Bukan hanya itu, kata Dubes, tim KSBN juga akan tampil di Cairo Opera House yang merupakan gedung sangat prestisius di Kota Kairo. Tentunya itu akan membawa dampak positif bagi Indonesia.

"Kami bangga bisa menampilkan kesenian di Cairo Opera House. Ini pengakuan bahwa tim KSBN adalah tim kesenian andal sehingga bisa menanpilkan pertunjukkan di gedung prestisius itu," ujar Dubes.

Dengan tampil di Mesir, KSBN sudah berperan besar bagi diplomasi Indonesia. Sebab, Mesir adalah negara yang menjadi pusat peradaban dunia. Itu terbukti dengan banyakmya karya besar seperti sistem pemerintahan, irigasi serta berbagai seni budaya yang ada negeri Para Firaun itu sejak 7000 tahun lalu. Bahkan, kini Mesir menjadi salah satu pusat peradaban Islam terkuat bersama Arab Saudi.

Di sisi lain Ketua Umum KSBN Hendardji Soepandji mengatakan, pihaknya merasa terhormat bisa tampil di negara yang menjadi pusat peradaban dunia. Karena itu dia bertekad untuk menampilkan pertunjukkan terbaik mengenai seni budaya Indonesia pada momen itu. Apalagi mereka tampil di gedung yang sangat prestisius.

"Kami merasa sangat terhormat bisa memenuhi undangan KBRI di Mesir. Sebab, Mesir adalah pusat peradaban dunia. Kami akan berusaha menampilkan pertunjukkan terbaik demi kehormatan bangsa dan negara," ujar Hendardji.

Hendardji menegaskan langkah KSBN mengikuti lawatan ke seluruh dunia, termasuk Mesir, itu sebagai upaya mengawal UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

"Kami ingin.membantu pemerintah mengawal.UU No. 5/2017. Karena itu, kami akan terus menjalin hubungan dengan setiap negara menyangkut seni budaya. Ke depan kami akan mengirimkan kesenian-kesenian dari daerah lainnya di Indonesia,” tegasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1119 seconds (0.1#10.140)