Benarkah Teh Hijau Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Rabu, 05 September 2018 - 10:30 WIB
Benarkah Teh Hijau Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?
Benarkah Teh Hijau Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?
A A A
JAKARTA - Teh hijau dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Minuman ini diyakini rendah kalori dan membantu membakar lemak sehingga tak heran jika saat ini teh hijau semakin banyak diburu banyak orang khususnya para wanita guna memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Namun, benarkah teh hijau mampu menurunkan bobot tubuh?

Dilansir dari Times of India, penelitian di Journal of the American College of Nutrition menunjukkan bahwa responden yang minum 4 cangkir teh hijau tiap hari selama dua bulan rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 2,7 kg dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi air putih.

Sementara tahun 2013, analisis dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa seseorang yang minum teh hijau secara rutin memiliki berat badan yang lebih rendah. Kabar baik lainnya, mereka juga memiliki lingkar pinggang lebih kecil dan banyak manfaat lainnya yang dirasakan dari minum teh hijau.

Meski dapat menurunkan berat badan, bukan berati teh hijau dapat dikonsumsi secara sembarangan. Ada aturan untuk mengonsumsi minuman ini. Konsultan nutrisi, Mike Roussell, PhD menjelaskan bahwa teh hijau mengandung tannin di mana kandungan tersebut dapat mencegah penyerapan zat besi non-heme.

Karena itu, jika teh hijau dikonsumsi secara berlebihan menyebabkan pelepasan antioksidan lain ke dalam tubuh yang bisa mencegah tubuh menyerap zat besi dari tumbuhan atau sumber makanan lainnya. Mulai dari kacang-kacangan, telur hingga susu.

Sementara jika Anda tetap ingin menurunkan berat badan, para ahli menyarankannya untuk melakukannya dengan sehat serta menyeimbangkan pola makan sehat dengan olahraga. Cara ini agar berat badan yang hilang tidak membebankan kerja sistem pencernaan dan seimbang dengan kalori yang dibakar tubuh.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4509 seconds (0.1#10.140)