5 Manfaat Konsumsi Teh Cengkih dan Cara Membuatnya

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 07:22 WIB
loading...
5 Manfaat Konsumsi Teh Cengkih dan Cara Membuatnya
Mengonsumsi teh cengkih menyimpan banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Cengkih dan minyaknya telah lama dikenal manfaat obatnya yang ampuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi teh cengkih menyimpan banyak manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Cengkih dan minyaknya telah lama dikenal karena manfaat obatnya yang ampuh.

Menurut penelitian, mengonsumsi teh cengkih bisa membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi kegelisahan, dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Untuk membuat minuman ini, cukup rebus dua gelas air.

Kemudian tambahkan satu sendok teh cengkih utuh. Biarkan campuran ini diseduh. Saring airnya, lalu tambahkan madu dan nikmatilah. Berikut sederet manfaat konsumsi teh cengkih untuk kesehatan dilansir dari Times of India, Jumat (13/10/2023).

Manfaat Konsumsi Teh Cengkih dan Cara Membuatnya





5 Manfaat Konsumsi Teh Cengkih dan Cara Membuatnya

Foto/Infografis SINDOnews

1. Meningkatkan Pencernaan


Menyeruput teh cengkeh setelah makan siang atau makan malam dapat membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Minuman ini dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan, kembung dan gas.

2. Anti Inflamasi


Cengkih mengandung senyawa anti inflamasi, seperti eugenol yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Hal ini dapat mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh makan berlebihan dan masalah pencernaan lainnya.



3. Mengontrol Insulin


Berdasarkan beberapa penelitian, mengunyah cengkih dapat membantu manajemen insulin yang lebih baik. Faktanya, meminum teh cengkih juga dapat membantu memastikan pelepasan gula yang berkelanjutan dalam aliran darah, sehingga dapat mengatasi lonjakan gula yang tiba-tiba.

4. Kesehatan Mulut


Menyeruput teh cengkih setelah makan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan penumpukan gigi berlubang. Hal ini disebabkan sifat antibakteri yang kuat pada cengkih dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut.

5. Antioksidan


Cengkih kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat adanya radikal bebas dalam tubuh. Menyeruput teh ini dapat memberi tubuh Anda tambahan antioksidan yang membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)