Muka Berjerawat, Boleh Enggak Menggunakan Bedak?

Rabu, 07 November 2018 - 02:29 WIB
Muka Berjerawat, Boleh...
Muka Berjerawat, Boleh Enggak Menggunakan Bedak?
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, khususnya para wanita. Pasalnya, tak hanya menyebabkan berkurangnya nilai penampilan, namun juga berkurangnya kepercayaan diri hingga mempengaruhi psikologis penderitanya.

"Kulit kita ini organ hidup, jadi harus dirawat setiap hari. Sama kaya kita makan setiap hari," ujar spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Siloam, dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MH.Kes, FKCCS saat peluncuran KOSE Cosmeport di Four Seasons Hotel, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Oleh karena itu, kata Edwin, banyak hal yang harus diperhatikan saat jerawat. Selain tidak boleh disentuh dan dipencet, idealnya tidak boleh menggunakan make-up seperti bedak. Apalagi pada mereka yang memiliki kulit bermasalah, kebiasaan ini hanya akan semakin memicu timbulnya jerawat.

"Kulit kalau lagi jerawat enggak boleh pakai bedak. Kalo terpaksa pakai bedak, harus perhatikan pemakaiannya," tandasnya.

Edwin menambahkan, bedak dapat menjadi salah satu faktor penyebab wajah berjerawat, khususnya pada mereka dengan kulit sensitif. Pada sebagian orang yang terpaksa menggunakan make-up, Edwin mengingatkan untuk membersihkan wajah dengan tepat.

"Bedak risiko jerawatnya makin banyak. Seharusnya ia (tidak boleh pakai bedak) tapi kalau profesi tertentu seharusnya boleh dan pembersihannya harus tepat. Kalau enggak bersih, itu jerawat makin banyak," pungkasnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0689 seconds (0.1#10.140)