Bekas Tambang Batu yang Disulap Jadi Wisata Kekinian

Sabtu, 10 November 2018 - 05:37 WIB
Bekas Tambang Batu yang Disulap Jadi Wisata Kekinian
Bekas Tambang Batu yang Disulap Jadi Wisata Kekinian
A A A
JAKARTA - Pariwisata Indonesia semakin beragam. Salah satunya destinasi wisata Instagramable yang kekinian seperti yang ditawarkan di Kampoeng Toron Samalem, Pamekasan, Madura. Wisata ini dulunya merupakan lokasi bekas penambangan batu. Dengan kreativitas masyarakat setempat, lokasi ini disulap menjadi lebih cantik dan berdaya guna.

Dikutip dari Travelingyuk, di balik kecantikannya saat ini, Kampoeng Toron Samalem tak lepas dari cerita legenda. Konon, lokasi ini merupakan salah satu tempat semedi dari Potre Koneng, seorang putri cantik dari raja di Sumenep yang menurut cerita hidup di abad 13. Pada legenda selanjutnya, sosok tersebut menjadi ibu dari Jokotole.

Namun, berkat kreativitas yang dimiliki, masyarakat setempat berhasil menyulap bekas tambang batu menjadi sebuah tempat wisata. Bentang alam di sini terbentuk secara alami. Kealamian tersebut lantas dikemas dengan sesuatu yang baru dan mengikuti zaman. Jadilah, objek wisata yang banyak bikin orang penasaran.

Kampoeng Toron Samalem hadir dengan spot-spot Instagramable. Di sini terdapat rumah-rumah berukuran kecil yang terbuat dari material kayu dan rumbia. Ada juga pintu gerbang dari batu alami berukuran besar yang eksotis untuk berfoto. Letak Kampoeng Toron Samalem yang berada di ketinggian, juga terlihat sangat Instagramable.

Selain itu, destinasi wisata ini memiliki dua lokasi yakni lahan bagian atas dan bawah dengan luasnya mencapai 7 hektar. Sementara, untuk menuju Kampoeng Toron Samalem, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Waktu tempuh dari Kota Pamekasan sekitar 15 menit.

Sampai saat ini, Kampoeng Toron Samalem masih terus dikembangkan. Beberapa fasilitas terus dilengkapi. Meski resmi dibuka pada Desember mendatang, tempat wisata kekinian ini sudah ramai sejak beberapa waktu lalu.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)