Marc Jacobs, Kecintaan pada Seni dan Budaya

Minggu, 25 November 2018 - 11:51 WIB
Marc Jacobs, Kecintaan pada Seni dan Budaya
Marc Jacobs, Kecintaan pada Seni dan Budaya
A A A
SELAIN mendesain pakaian, Marc Jacobs juga dikenal sebagai seseorang yang mencintai seni dan budaya.

Dua hal inilah yang mendorongnya untuk menciptakan kampanye iklan yang inovatif. Marc Jacobs pernah mengadakan kegiatan AD Avante Garde. Di kegiatan ini dia menampilkan sekelompok ikon budaya dan seniman sebagai pengganti model fashion .

“Saya mementaskan sebuah pementasan budaya secara minimal. Ada pula pameran foto yang difoto oleh fotografer ternama,” ujar Jacobs, seperti dilansir Vogue.com. Di sisi lain, menurut Jacobs, industri fashion adalah industri yang paling menantang di dunia.

Menurutnya, fashion didefinisikan sebagai aplikasi seni dan estetika untuk aksesori dan pakaian. “Industri ini tidak hanya melibatkan imajinasi, juga menuntut sentuhan konstan dengan tren terbaru,” ujar Jacobs.

Untuk menjadi perancang terkemuka, menurut Jacobs, seseorang harus memiliki selera seni dan memahami kebudayaan masyarakat. Seorang perancang, menurutnya, juga harus mampu mengantisipasi selera pelanggan.

“Beberapa pakaian dapat dibuat untuk orang tertentu, tetapi seseorang harus selalu berkonsentrasi pada desain yang cocok untuk pasar massal,” ujar Jacobs. Kecintaannya pada seni dan kebudayaan, mendorong Jacobs untuk menciptakan kampanye iklan yang inovatif.

Pada 2016 Jacobs meluncurkan kampanye iklan gaya hidup populer yang menampilkan artis, selebriti, dan ikon budaya seperti Sofia Coppola, Cher, Willow Smith, Winona Ryder, Daisy Lowe, dan Anthony Kiedis.

Dari kampanye ini, dia meninjau kembali pendekatan gaya hidup untuk kampanye iklan Marc Jacobs Spring/Summer 2016 . “Saya ingin menggambarkan konsep sebagai cerita fashion yang mewakili rangkaian peristiwa yang saling terhubung.

Saya ingin menghadirkan narasi visual,” ujar Jacobs. Dalam kampanye iklan Marc Jacobs Spring/Summer 2016 , Jacobs juga menampilkan aktivis hak asasi manusia Lana Wachowski.

Ada pula selebriti seperti Sandra Bernhard, Bette Midler, Juliette Lewis, Christina Ricci, Sky Ferreira, Bella Hadid, Emily Ratajkowski, dan Vincent Michaud. Jacobs menuturkan, orang-orang yang difoto dalam kampanye iklan Spring/Summer 2016 tersebut mewakili perayaan keberagaman di Amerika Serikat.

Menurutnya, orang-orang yang ditampilkan dalam kampanye tersebut memersonifikasikan koleksi busana melalui individualitas. “Secara kolektif, mereka mewujudkan dan merayakan semangat dan keindahan kesetaraan,” ujar Jacobs.

Dena Silver dari The Observer.com menyebut bahwa kampanye iklan yang diciptakan Jacobs tersebut menjadi kampanye iklan terbaik musim semi 2016. Menurutnya, Jacobs telah memilih para bintang terkenal untuk memodelkan sosok Americana dari koleksi terbarunya.

“Secara teknis, tidak satu pun dari orang-orang dalam rangkaian foto ini terkait dengan Jacobs secara keturunan, tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat berarti bagi merek Marc Jacobs,” ujar Silver. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7138 seconds (0.1#10.140)