Tips Menjaga Tubuh Tetap Ideal usai Rayakan Natal

Kamis, 27 Desember 2018 - 16:34 WIB
Tips Menjaga Tubuh Tetap Ideal usai Rayakan Natal
Tips Menjaga Tubuh Tetap Ideal usai Rayakan Natal
A A A
JAKARTA - Hari Natal merupakan momen yang sangat dinantikan umat kristiani. Dalam merayakan Natal, di samping melakukan ibadah, umumnya disajikan beraneka macam makanan, seperti kue kering hingga manis mengandung banyak gula dan kalori yang bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Kebiasaan makan berlebihan atau kalap dalam menikmati berbagai hidangan yang disajikan saat Natal, tidak sedikit orang yang mengeluhkan kenaikan berat badan usai perayaan Hari Natal.

Nah, agar bobot tubuh tidak membengkak pasca Natal, pastikan Anda menjaga asupan yang Anda konsumsi. Menjaga asupan bukan berati membuat Anda tidak bisa menyantap makanan enak selama Natal. Memilih kombinasi makanan sehat dan mengatur porsi menjadi salah satu cara terbaik. Berikut tips agar tubuh tetap ideal usai Natal seperti dilansir dari Times Now News.

1. Olahraga
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Medicine and Science in Sports and Exercise menyebutkan bahwa memulai hari dengan berolahraga bisa membuat seseorang menjalani pola makan yang lebih baik sepanjang hari. Olahraga di pagi hari membuat metabolisme mengalir sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat dan terhindar dari kenaikan berat badan secara signifikan.

2. Hindari Minuman Tinggi Kalori
Minuman manis terbukti menjadi penyebab kenaikan berat badan hingga pemicu obesitas. Ganti minuman manis dengan air putih, infused water atau jus buah asli tanpa tambahan gula.

3. Pilih Lemak Sehat
Ganti minyak kelapa dengan minyak jagung dan minyak zaitun yang kesehatannya sudah terjamin. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih sehat dibandingakan minyak goreng biasa. Kedua minyak tersebut juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan. Selain itu, penting untuk memilih makanan rendah lemak.

4. Pilih Piring Berukuran Kecil
Batasi porsi makan dengan menggunakan piring berukuran kecil. Menyantap makanan dalam piring besar meningkatkan risiko makanan lebih banyak. Pastikan Anda juga mengonsumsi lebih banyak protein dan makanan yang mengandung serat seperti sayuran yang dapat membuat kenyang lebih lama.

5. Ganti Bahan Makanan
Ganti bahan makanan Anda seperti gula pasir dengan pemanis alami yaitu madu. Selain madu, Anda juga bisa memanfaatkan buah-buahan yang tinggi serat sehingga perut lebih cepat kenyang.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7735 seconds (0.1#10.140)