Cegah Penuaan Dini dengan Merawat Kesehatan Kulit

Kamis, 28 Maret 2019 - 06:09 WIB
Cegah Penuaan Dini dengan Merawat Kesehatan Kulit
Cegah Penuaan Dini dengan Merawat Kesehatan Kulit
A A A
JAKARTA - Melakukan kegiatan sehari-hari baik indoor maupun outdoor di negara beriklim tropis, memiliki tantangan tersendiri untuk kulit perempuan Indonesia. Mulai dari terkena paparan terik matahari, polusi udara, hingga berada di dalam ruangan ber-AC yang cukup lama.

Tanpa disadari, aktivitas keseharian tersebut jika dilakukan tanpa menjaga kesehatan kulit dengan penggunaan losion setiap hari, ternyata memiliki dampak yang lebih jauh terhadap kesehatan.

Banyak perempuan Indonesia hanya fokus menjaga kesehatan dan kecerahan kulit wajah, namun cenderung mengabaikan perawatan kulit tubuh secara keseluruhan. Padahal, kulit merupakan lapisan terluar dan terluas yang melindungi tubuh kita dari lingkungan luar. Selain fungsi sebagai organ indera dan alat ekskresi, kulit membantu mempertahankan kelembapan dan untuk imunitas atau kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan sehat, karena kualitas kulit bukan hanya menentukan estetika penampilan namun juga memberikan perlindungan yang optimal. Penggunaan losion sifatnya tidak semata untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Lebih jauh lagi, penggunaannya sangat panting untuk kesehatan. Lotion mampu memberi nutrisi kulit dari luar dan menjaga kemampuan regenerasi kulit tetap baik.

"Pemberian nutrisi melalui body lotion yang tepat akan menghasilkan kulit sehat yang kenyal dan cerah. Fungsi kulit sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai alat perangsang, pengatur penguapan, ekskresi, absorpsi, dan penahan air yang akan tetap maksimal jika dijaga dengan pemberian nutrisi melalui body lotion yang tepat," terang Dr. Kardiana Purnama Dewi Sp.KK dalam acara peluncuran sebuah produk body lotion di Kemang, Jakarta, Rabu (27/3).

"Pilihlah produk perawatan yang memiliki kandungan yang menyehatkan dan gunakan secara rutin, karena kondisi kulit sehat tidak bisa didapatkan secara instan. Kulit yang sehat paling mudah diindikasikan dengan teksturyang kenyal jika disentuh dan warna yang cerah merata," lanjutnya.

Dr. Kardiana menambahkan, kulit yang sehat bukan hanya membuat nyaman dalam beraktivitas tapi juga terhindar dari penuaan dini. Faktanya, penuaan kulit sudah dimulai sejak usia 20 tahunan. Tentunya hal ini terjadi bukan semata karena faktor usia saja tetapi faktor kesehatan kulit juga sangat berpengaruh.

"Faktor lain seperti setres, asupan gizi, dan waktu istirahat juga akan memiliki dampak tidak langsung. Setidaknya penuaan dini tersebut bisa kita cegah dengan membiasakan diri memberikan nutrisi sejak dini secara rutin," tandasnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5186 seconds (0.1#10.140)