Eksim pada Bayi Bikin Anak Rentan terhadap Alergi dan Asma

Rabu, 24 Juli 2019 - 10:30 WIB
Eksim pada Bayi Bikin Anak Rentan terhadap Alergi dan Asma
Eksim pada Bayi Bikin Anak Rentan terhadap Alergi dan Asma
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menjelaskan bayi yang menderita eksim, suatu kondisi yang membuat kulit kering dan gatal, lebih rentan terhadap alergi makanan, demam, dan asma ketika mereka tumbuh dewasa. Kondisi ini dikenal juga sebagai atopik.

Dilansir dari Times Now News, temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine ini mengidentifikasi gatal dan kulit kering pada pasien eksim sebagai penyebab yang signifikan dari atopik.

Studi ini juga menyoroti satu kemungkinan solusi penyembuhan jika pelembap anak digunakan lebih awal. Pelembap terbukti bermanfaat dalam mencegah eksim, alergi makanan, dan penyakit alergi lainnya. Kulit membentuk penghalang penting, menjaga kelembapan masuk dan alergen eksternal atau mikroba keluar.

"Ketika partikel makanan dimasukkan melalui kulit daripada sistem pencernaan, mereka jauh lebih mungkin menyebabkan alergi. Keretakan pada kulit penderita eksim sering memicu rantai penyakit alergi yang berkembang selama beberapa tahun," kata Dr Donald Leung, kepala Alergi Pediatrik dan Imunologi Klinis di National Jewish Health.

"Mengembalikan penghalang kulit segera setelah eksim berkembang adalah cara terbaik untuk menghentikan atopik di jalurnya dan mencegah berkembangnya penyakit alergi," tambah Dr Leung.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa pasien dengan eksim kekurangan protein dan lipid penting di lapisan luar kulit mereka. Sebagai akibat dari penghalang kulit pasien eksim yang rusak, air keluar dari kulit, mengering dan menyebabkan retak kemudian gatal.

Lebih lanjut, menggaruk kulit yang kering dan gatal, dapat merusak penghalang kulit dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan partikel makanan yang masuk ke dalam tubuh melalui retakan di kulit dapat memicu respons alergi yang menyebabkan alergi makanan.

Setelah respons alergi dipicu, sistem kekebalan tubuh siap untuk mengembangkan tidak hanya eksim dan alergi makanan, tetapi juga demam dan asma.

Para ahli merekomendasikan apa yang mereka sebut rendam dan segel yang melibatkan pelembap kulit secara menyeluruh dalam mandi air hangat, kemudian mengunci kelembapan dengan salep pelembap. Dr Leung percaya bahwa perawatan kulit bayi sejak lahir dapat mencegah eksim dan penyakit alergi lainnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9173 seconds (0.1#10.140)