Yuk, Bikin Ayam Goreng Shilin buat Camilan di Rumah!

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 14:30 WIB
Yuk, Bikin Ayam Goreng Shilin buat Camilan di Rumah!
Yuk, Bikin Ayam Goreng Shilin buat Camilan di Rumah!
A A A
JAKARTA - Ayam memang tak pernah gagal menggoyang lidah. Selain digoreng begitu saja, ayam juga bisa dikreasikan menjadi camilan ala khas Taiwan atau yang biasa disebut dengan Shihlin. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging ayam yang digoreng renyah, kemudian disajikan dengan diiris tipis-tipis dan ditaburi bumbu aneka rasa seperti pedas hingga rumput laut yang menggoyang lidah.

Daging ayam yang lembut berbalut tepung yang renyah serta bumbu yang nikmat, membuat camilan ini dapat menjadi pilihan untuk menemani aktivitas Anda. Penasaran bagaimana rasanya makanan ini? Buat saja sendiri di rumah. Caranya mudah. Berikut resep membuat ayam Shihlin seperti dikutip dari Cookpad.

Bahan:
2 buah fillet dada ayam
Minyak goreng

Bumbu marinasi:
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
50 ml air

Bahan pencelup:
2 butir telur

Bahan pelapis:
6 sdm tepung tapioka
3 sdm tepung terigu
1/2 sdt kaldu bubuk
2 buah telur ayam

Taburan:
1 sdt cabai bubuk
1/2 sdt bumbu balado

Cara membuat:
1. Belah fillet dada ayam dengan pisau agar melebar. Pukul pelan-pelan dengan pemukul daging agar pipih. Campur bahan bumbu dalam mangkuk, aduk rata. Celupkan ayam dalam bumbu dan marinasi selama 60 menit. Campur bahan pelapis dalam wadah, aduk rata, sisihkan. Kocok telur dalam wadah berbeda, sisihkan. Ambil fillet ayam yang sudah dimarinasi, masukkan kedalam bahan pelapis sambil ditekan-tekan.

2. Lalu celupkan ayam fillet kedalam kocokan telur. Kemudian balurkan kembali ke bahan pelapis sambil ditekan-tekan agar terbalur sempurna. Ambil fillet ayam sambil diketuk-ketuk agar tepung tiris. Panaskan minyak dalam jumlah banyak di wajan. Goreng fillet ayam dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Campurkan bubuk cabe dan bumbu balado dalam mangkuk kecil, aduk rata. Letakkan ayam shihlin dalam piring, taburi dengan bumbu tabur di permukaannya hingga rata.

3. Potong-potong ayam shihlin memanjang dengan gunting atau pisau. Tata dalam cup dan siap dinikmati.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7477 seconds (0.1#10.140)