Survei: 8 dari 10 Orang Rencanakan Traveling pada 2020

Rabu, 01 Januari 2020 - 17:15 WIB
Survei: 8 dari 10 Orang Rencanakan Traveling pada 2020
Survei: 8 dari 10 Orang Rencanakan Traveling pada 2020
A A A
JAKARTA - Online travel agent Pegipegi belum lama ini mengadakan survei yang bekerja sama dengan lembaga survei internasional YouGov. Survei itu dilakukan pada November 2019 terhadap lebih dari 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengetahui preferensi traveling masyarakat di sepanjang tahun 2020.

Salah satu hasil survei tersebut menyebutkan bahwa 8 dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk traveling pada 2020. Dalam survei ini, Pegipegi menemukan tiga tipe preferensi traveling yang diminati oleh traveler Tanah Air. Yaitu destinasi dengan pemandangan alam nan indah, destinasi dengan budget terjangkau, serta destinasi tempat wisata sejarah dan warisan budaya.

Berdasarkan hasil survei Pegipegi, lebih dari 78% responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah, 62% memilih traveling ke destinasi dengan biaya terjangkau, sementara 51% memilih traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah.

Berikut ini rincian hasil survei yang ditemukan dari ketiga preferensi traveling:

1. Destinasi dengan pemandangan alam indah.


Destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden berjenis kelamin perempuan. Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82%.

Pada kategori ini Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida, dan Labuan Bajo merupakan lima tempat wisata pemandangan alam yang paling diminati oleh responden. Responden menyebutkan tiga alasan utama mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah, yaitu sebanyak 78% ingin menikmati pemandangan alam, 77% ingin menghilangkan stres, dan 69% bermaksud menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

2. Destinasi dengan biaya terjangkau.

Sebanyak 70% responden yang menyukai destinasi dengan biaya terjangkau adalah berjenis kelamin perempuan, sementara 72% di antaranya berusia 35-44 tahun. Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang, dan Solo merupakan lima destinasi dengan kategori budget terjangkau yang paling banyak dipilih.

Tiga alasan utama wisatawan memilih mengunjungi tempat wisata dengan budget terjangkau adalah, 77% berpendapat bahwa banyak wisata murah dan bagus untuk dikunjungi, 76% ingin mencicipi kuliner khas yang murah, dan 71% ingin mendapatkan kemudahan akses.

3. Tempat wisata sejarah dan warisan budaya.

Tempat wisata sejarah dan warisan budaya paling banyak diminati oleh responden berjenis kelamin laki-laki dengan persentase 53%. Dalam survei ini, Yogyakarta menjadi lokasi favorit pilihan responden karena memiliki banyak wisata sejarah dan warisan budaya.

Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar lokasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati oleh wisatawan meliputi Candi Borobudur sebanyak 62%, Candi Prambanan sebanyak 56%, dan Keraton Yogyakarta Hadiningrat sebanyak 51%.

Responden juga menyebutkan tiga alasan utama memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada 2020. Yaitu 81% ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76% ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59% ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4513 seconds (0.1#10.140)