Selain Latihan Fisik, Atlet Ini Juga Jaga Pola Makan dan Nutrisi

Rabu, 08 Januari 2020 - 00:22 WIB
Selain Latihan Fisik, Atlet Ini Juga Jaga Pola Makan dan Nutrisi
Selain Latihan Fisik, Atlet Ini Juga Jaga Pola Makan dan Nutrisi
A A A
JAKARTA - Steavanus Wihardja memiliki rahasia tersendiri di balik kesuksesannya sebagai atlet ice skating Tanah Air. Dalam ajang SEA Games 2019 Filipina yang lalu, Steave melalui perjuangan beratnya berhasil menyabet medali perak dan perunggu. Keberhasilan meraih prestasi itu bukan hanya melalui latihan semata.

Ya, selain giat menjalani latihan fisik 2x sehari, Steave ternyata juga sangat menjaga pola makan dan nutrisinya. Pasalnya, dia harus terus menjaga kebugaran tubuhnya, dan dituntut selalu fit di lapangan. Di samping itu, pria single 26 tahun itu mengaku selalu konsisten dalam latihan, istirahat, serta mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Menurutnya, sumber nutrisi yang dikonsumsinya berasal dari daging ayam, daging ikan, dan telur. Dalam sehari, atlet yang menjadi tulang punggung keluarga dan orang tuanya itu mengonsumsi 2 gram per berat badannya. Saat ini, berat badan Steave berada di 60kg.

Memiliki jadwal latihan dan mengajar yang sangat padat, Steave merasa kesulitan untuk melakukan meal preparation, mulai dari berangkat ke pasar hingga memasak. Alhasil, Steave pun tidak pernah ketinggalan menenggak 2 sachet suplemen Evolene Whey Protein di pagi hari, dan 2 sachet lagi seusai sesi latihan malam.

Steave bersedia mengonsumsi Evolene Whey, karena menurutnya, produk ini asli Indonesia. Kemudian, proteinnya tinggi dan rendah lemak, serta rendah karbohidrat. "Saya enggak perlu khawatir kelebihan kalori selama mengonsumsinya dalam sehari, ditambah Evolene Whey sudah banyak dibuktikan atlet nasional berprestasi yang menggunakan produk ini," tuturnya dalam keterangan tertulis Evolene, Selasa (7/1).

Agar lebih sempurna, Steave juga mengonsumsi produk Evolene lainnya, yakni Creatine. Dia mengungkapkan jika rutin mengonsumsi satu scoop sebelum latihan dengan maksud untuk membantu menambah power dan tenaga saat di lapangan. "Hasilnya terasa sekali, badan jadi lebih powerfull dan enggak gampang capek," tegasnya.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Steave sangat dispilin melakukan latihan fisik di luar lapangan, sehingga dua suplemen tersebut berfungsi sebagai tambahan menjaga kebugaran tubuhnya. Sementara latihan fisik yang kerap dilakukan Steave adalah off skating, yakni gerakan latihan fisik khusus untuk meningkatkan conditioning atlet ice skating.

Di dunia olahraga, Steave sudah menggeluti cabang olahraga sepatu roda sejak berusia 5 tahun. Pada cabor tersebut, Steave sudah mencatatkan banyak prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Namun, beberapa tahun lalu, Steave memutuskan banting setir ke dunia ice skating, yang juga dijalaninya dengan banyak torehan prestasi gemilang.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8510 seconds (0.1#10.140)