Memanfaatkan Teknologi untuk Keamanan Anak

Rabu, 19 Februari 2020 - 07:45 WIB
Memanfaatkan Teknologi untuk Keamanan Anak
Memanfaatkan Teknologi untuk Keamanan Anak
A A A
JAKARTA - Teknologi terkini bisa dimanfaatkan untuk keamanan anak anak. Hal tersebut diceritakan oleh Oki Widya, yang memberi keterangan bahwa anaknya yang berusia 3 tahun dapat ditemukan setelah sempat hilang beberapa jam.

"Anak saya pergi bermain di sekitaran rumah lalu menghilang. Bingung mencari dan bertanya kepada tetangga, tapi tidak ada yang melihat. Lalu, suami langsung melihat deteksi lokasi anak di handphone yang terhubung di applikasi imoo dan pada watch phone imoo z2 yang dipakai anak. Pada saat melihat lokasi ternyata keberadaan anak sudah jauh dari rumah, sudah 3 KM dari rumah. Lalu kami mengikuti jejak lokasi via aplikasi imoo dan kami menemukannya. Anak kami berada di dalam mobil berwarna merah yang memang sudah mondar-mandir beberapa kali di komplek perumahan kami," cerita Widya.

"Saya tidak panik dengan tidak melakukan panggilan ke watch phone anak, karena bisa menimbulkan kecurigaan," lanjut Widya, seraya berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali.

PR imoo Indonesia Fiki Khoerul Umami mengatakan, imoo Watch Phone diciptakan khusus sebagai asisten kecil orangtua bagi anak. "Fungsinya untuk komunikasi dan keamanan anak dengan fitur 8 type of locating system yaitu GPS, GLONASS, global servers, base station, Wi-Fi, acceleration sensor, A-GPS positioning, dan camera assist sehingga orangtua bisa melacak keberadaan anak yang menggunakan imoo Watch Phone secara detail dan realtime," bebernya.

Menurut Fiki, imoo telah meluncurkan produk imoo Watch Phone Z6, watch phone flip yang memiliki dual camera.

Suyanti Zhuang, Branding Manager imoo Indonesia menambahkan, sejak imoo berdiri tim riset dan pengembangan produk sudah melakukan penelitian tentang jam tangan apa yang cocok untuk anak-anak di seluruh dunia, baik dari sisi fitur, psikologi, maupun cara berkomunikasi dengan orangtua.

“Kami mencoba meneliti dan memahami setiap anak dan orangtuanya berbasis negara. Karena setiap anak memiliki kultur lingkungan yang berbeda-beda” ujarnya.

Meski sama-sama ditanam teknologi mutakhir, namun terdapat perbedaan antara imoo Watch Phone Z6 dengan seri lain yang telah hadir terlebih dahulu. Fitur yang paling membedakan imoo Watch Phone Z6 dengan imoo Watch Phone seri yang lebih dulu hadir adalah Front dan Rear Dual Camera.

Mode flip pada imoo Watch Phone Z6 adalah konfigurasi untuk penggunaan kamera belakang. imoo Watch Phone Z6 dibekali kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Ketika melakukan panggilan video, orangtua melalui smartphone bisa memilih ingin menampilkan tangkapan layar kamera depan atau kamera belakang. Konfigurasi pada imoo Watch Phone Z6 dipegang oleh orangtua, jadi penggunaan imoo Watch Phone berada dalam parent control.

Selain itu, Z6 juga memiliki fitur Wide-Angle Camera yang didesain khusus dengan aperture besar f/2.2, mendukung foto HD, dan Short Video Chat. Dengan layar display ultra-clear AMOLED 1.41 inci, Z6 mendukung jaringan 4G LTE dari seluruh operator di Indonesia.

Untuk CPU, imoo Watch Phone menggunakan Qualcomm Snapdragon Wear 2100 yang sangat kuat. Selain itu, Z6 juga didukung oleh Swimming Waterproof, baterai silikon negatif 680 mAh, dan 8 Types of Accurate Locating.

“Dengan dua kamera seperti ini, orangtua bisa melihat keadaan sekitar anak karena melakukan pergantian kamera pada ponsel mereka ketika video call. Jika pakai kamera depan, bisa melakukan komunikasi tatap muka dengan anak. Dan kamera belakang berfungsi untuk melihat kondisi lingkungan di sekitar mereka sehingga bisa mengantisipasi jika berada di tempat yang tidak kondusif,” jelas Suyanti.

Selain kamera, fitur multi-type locating yang ditanam di dalam seri terbaru ini bisa mendeteksi keberadaan anak.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4036 seconds (0.1#10.140)