Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 1)

Rabu, 29 Oktober 2014 - 11:03 WIB
Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 1)
Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 1)
A A A
JAKARTA - Banyak metode untuk meningkatkan kesehatan diungkapkan secara langsung. Misalnya, agar kurus, kurangi makan dan perbanyaklah olahraga; untuk menambah energi, tambah tidur; untuk mencegah dehidrasi, minum lebih banyak air. Tapi, yang lainnya bisa dianggap aneh, meskipun jika dipraktikkan, benar dan bermanfaat.

Minum kopi biar tidur enak
Dalam sebuah kajian Jepang yang meneliti bagaimana orang tidur, sebagian besar yang minum kopi—mengonsumsi sekitar 200 mg kafein (sekitar 1-2 cangkir kopi) dan kemudian beristirahat selama 20 menit—merasa lebih sigap dan memberikan performa lebih baik dalam ujian komputer dibanding mereka yang hanya tidur sejenak.

Mengapa bisa begitu? Tidur selama 20 menit berakhir ketika kafein mulai bekerja dan membersihan otak dari adenosin, sehingga memaksimalisasi kesiagaan.

“Adenosin adalah produk sampingan kurang tidur dan aktivitas. Begitu level adenosin naik, kita jadi lebih lelah. Tidur sejenak membersihkan adenosin dan, kalau dikombinasikan dengan kafein, penghalang adenosin, lebih banyak mengurangi efeknya dan menguatkan efek tidur itu tadi,” papar Allen Towfigh, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine, yang dikutip Foxnews.

Agar gigi lebih sehat, jangan gosok gigi setelah makan

Jangan buru-buru menggosok gigi setelah makan dan minum, terutama kalau Anda baru mengonsumi makanan dan minuman berasam. Makanan berasam—buah-buahn, minuman berenergi, tomat, soda—bisa menghaluskan email gigi seperti batu pasir basah. “Menggosok gigi pada tahap ini bisa mempercepat efek asam pada email gigi Anda dan mengerosi lapisan di bawahnya,” ujar Howard R Gamble dari Academy of General Dentistry.

Jika memang ingin menggosok gigi, ada baiknya tunggu selama 30—60 menit setelah makan atau minum.

(Bersambung
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)