Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 2)

Rabu, 29 Oktober 2014 - 11:09 WIB
Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 2)
Tips Aneh, Tapi Benar dan Bermanfaat (Bagian 2)
A A A
JAKARTA - Banyak metode untuk meningkatkan kesehatan diungkapkan secara langsung. Misalnya, agar kurus, kurangi makan dan perbanyaklah olahraga; untuk menambah energi, tambah tidur; untuk mencegah dehidrasi, minum lebih banyak air. Tapi, yang lainnya bisa dianggap aneh, meskipun jika dipraktikkan, benar dan bermanfaat.

Agar bisa mengenakan ukuran lebih kecil, naikkan berat badan
Yang ditambah adalah berat otot. Kalau dua wanita sama-sama berbobot 68 kg dan hanya satu yang melakukan angkat beban, maka, yang melakukan angkat beban itulah yang akan cocok mengenakan celana dengan ukuran yang lebih kecil. Wanita berbobot 68 kg yang berolahraga angkat beban juga bisa mengenakan celana dengan ukuran yang sama dengan wanita berberat badan 64 kg yang tidak berolahraga angkat beban. Alasannya, meskipun 0,5 kg berat lemak sama seperti 0,5 kg berat otot, otot tidak memakan tempat.

“Anda bisa mendapatkan otot yang lebih besar dan menjadi lebih kecil kalau Anda kehilangan lemak,” ujar Mark Nutting, direktur kebugaran SACO Sport & Fitness di Saco, Maine, yang dilansir Foxnews.

Untuk mengurangi makan, makan lebih banyak

Makan sekantung kue kering dengan 100 kalori tampaknya tidak apa-apa. Tapi, sebenarnya itu justru membuat Anda lebih lapar daripada jika Anda memakan sesuatu yang lebih substansia. “Makan karbohidrat dalam jumlah kecil tidak melakukan apa-apa kecuali meningkatkan gula darah Anda dan membuat Anda menginginkan lebih banyak karbohidrat,” papar Amy Goodson, pakar diet di Texas Health Ben Hogan Sports Medicine.

Jangan minum minuman berenergi jika lelah
Minuman berenergi mengandung kafein lima kali lebih banyak ketimbang kopi. Tapi, dorongan yang mereka berikan cepat dan muncul dengan efek samping tidak menyenangkan seperti gugup, jengkel, dan detak jantung cepat. Lagipula, miuman berenergi mengandung taurine—stimulan sistem saraf pusat—yang tinggi dan 50 gram gula per kaleng.

Minum minuman panas untuk menyegarkan diri
Sebagian orang menganggap minum minuman dingin akan menyegarkan tubuh di tengah udara panas. Tapi, dua kajian terakhir justru menyatakan sebaliknya. Minum minuman panas justru lebih menyegarkan. Ketika Anda menenguk minuman panas, teh panas misalnya, maka tubuh Anda merasakan perubahan suhu dan meningkatkan produksi keringat. Kemudian, begitu keringat ini menguap dari kulit, Anda pun segar secara alami.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)