Pulau Jemur yang Menjadi Incaran Malaysia

Rabu, 05 November 2014 - 14:15 WIB
Pulau Jemur yang Menjadi Incaran Malaysia
Pulau Jemur yang Menjadi Incaran Malaysia
A A A
RIAU - Pulau Jemur sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia atau sekira 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Terletak kurang lebih 72,4 km dari pusat ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi. Selain itu, propinsi Sumatera Utara merupakan propinsi yang terdekat dengan Pulau Jemur.

Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, antara lain yaitu, pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang, pulau Labuhan Bilik serta di kelilingi pulau-pulau kecil lainnya.

Apabila berkunjung ke Provinsi Riau, tak ada salah singgah ke Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau untuk menyimpan telur-telurnya di bawah lapisan pasir-pasir yang berada di pantai. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan.

Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi.

Bahkan, saat ini untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke Pulau Jemur, pemerintah daerah setempat telah membangun jembatan apung. Jembatan tersebut untuk mempermudah kunjungan ke pulau itu, karena tidak lagi mengandalkan pasang surut.

Jika diperhatikan, pulau-pulau yang terdapat di Pulau Jemur ini memiliki bentuk lingkaran sehingga di bagian tengahnya menjadi sebuah laut yang tenang. Pada saat musim angin barat laut tiba, gelombang laut yang ada di Selat Malaka sangat besar, dan biasanya para nelayan-nelayan setempat yang sedang melaut berlindung di bagian tengah dari pulau Jemur, karena air laut pada kawasan tersebut relatif tenang.

Setelah gelombang laut sudah mulai mengecil atau badai berkurang barulah para nelayan kembali keluar untuk memulai lagi aktivitas untuk menangkap ikan. Di pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi pariwisata yang lain diantaranya adalah Goa Jepang, Mercusuar, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, taman laut dan pantai berpasir kuning emas. Jangan sampai terlewatkan, apabila berkunjung ke Provinsi Riau untuk menikmati keindahan panorama Pulau Jemur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7048 seconds (0.1#10.140)
pixels