Cek Risiko Penyakit Jantung via Online

Senin, 17 November 2014 - 12:09 WIB
Cek Risiko Penyakit Jantung via Online
Cek Risiko Penyakit Jantung via Online
A A A
Ingin tahu risiko penyakit jantung Anda tapi malas ke dokter? Tak perlu khawatir, kini ada layanan online yang bisa memperkirakan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) pada tubuh Anda dalam 20 tahun ke depan.

The Healthy Heart Score yang dikembangkan para periset di Harvard School of Public Health (HSPH) adalah survei berbasis web gratis yang juga memberikan penggunanya tips praktis untuk meningkatkan skor mereka dengan melakukan kebiasaan jantung sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“The Healthy Heart Score adalah mengenai risiko gaya hidup yang bisa dimodifikasi, yang mungkin meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan CDV melalui intervensi gaya hidup lebih dini sebelum berkembangnya faktor risiko klinis,” papar Stephanie Chiuve, asisten dosen di Harvard Medical School, seperti dilansir IANS.

Orang dewasa yang bebas faktor risiko CVD klinis ketika mereka mencapai paruh baya memiliki risiko yang sangat rendah terhadap berkembangnya penyakit ini seumur hidup mereka.

Model itu dikembangkan dengan menggunakan data dari 61.025 wanita dan 34.478 pria, yang bebas penyakit kronis pada 1986 dan diikuti selama 24 tahun.

The Healthy Heart Score didasarkan pada 9 diet paling penting dan faktor gaya hidup yang bisa mempengaruhi risiko seseorang mengembangkan CDV dalam waktu 20 tahun ke depan: merokok, berat badan, olahraga, dan asupan alkohol, buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, minuman manis serta daging merah dan olahan.

Kalkulator akan membawa penggunanya untuk menjawab sejumlah pertanyaan mengenai gaya hidup mereka, seperti ‘apakah Anda merokok?’ dan ‘selama tahun lalu, seberapa sering Anda makan buah-buahan?’

Pengguna akan mendapatkan skor risiko rendah (hijau), medium (kuning) atau tinggi (merah) dan penaksiran dengan tips untuk perbaikan yang bisa dicetak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5622 seconds (0.1#10.140)