7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini, Nomor Terakhir Paling Sederhana

Senin, 18 Juli 2022 - 13:15 WIB
loading...
7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini, Nomor Terakhir Paling Sederhana
Mencegah penyakit kardiovaskular (PKV) atau jantung menjadi hal terpenting. Khususnya dilakukan sejak dini, agar menekan jumlah anak-anak atau orang muda mengalami penyakit ini. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Mencegah penyakit kardiovaskular (PKV) atau jantung menjadi hal terpenting. Khususnya dilakukan sejak dini, agar menekan jumlah anak-anak atau orang muda mengalami penyakit ini.

Terkait anak-anak bisa mengalami penyakit jantung, Ahli Kardiologi Prof. Dr. dr. Sukman Tulus Putra, SpA(K) mengatakan meskipun belum ada penelitian epidemiologis yang menyeluruh di Indonesia.

Namun beberapa penelitian pada anak-anak sekolah, menunjukkan tingginya faktor risiko kardiovaskular pada anak.

"Masih tingginya angka kematian akibat PKV di Indonesia saat ini mungkin akibat minimnya kesadaran untuk mendeteksi dan mengintervensi faktor risiko kardiovaskular sejak usia dini dan remaja pada sekitar 90 juta anak Indonesia," ujar Prof Sukman yang dikutip Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Mengonsumsi Omega-3

Lebih lanjut, dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), Spesialis kardiologi anak dan juga Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia menyampaikan ada 7 cara tips menjaga kesehatan jantung.

1. Aktif bergerak
Bagi para orang tua, ajak anak berolahraga ringan dimulai dari jalan kaki bersama, bersepeda, berenang, ataupun bermain di luar ruang terbuka.

2. Bersikaplah positif
Jadikan kesehatan jantung menyenangkan dengan memasukkan permainan ke dalam aktivitas keluarga atau berjalan-jalan ke taman untuk piknik makan malam yang sehat.

3. Batasi waktu menonton atau di depan komputer
Membatasi waktu menonton yang berlebihan menyebabkan gaya hidup tidak banyak bergerak dan mengudap terus-menerus. Bisa meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Dengan membatasi waktu menonton TV, komputer, dan telepon hingga dua jam setiap hari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1515 seconds (10.55#12.26)