The Body Shop Daur Ulang Sampah JFW

Minggu, 07 Desember 2014 - 09:49 WIB
The Body Shop Daur Ulang Sampah JFW
The Body Shop Daur Ulang Sampah JFW
A A A
The Body Shop Indonesia bekerja sama dengan Waste 4 Change melalui program Zero Waste telah berhasil mengedukasi ribuan pengunjung Jakarta Fashion Week (JFW ) 2015.

Selama tujuh hari penyelenggaraan JFW 2015 yang dimulai pada 1 November lalu, sampah yang terkumpul mencapai 4.405,5 kg dan berhasil 100% diangkut oleh Waste 4 Change dan panitia JFW 2015. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 75,52% telah berhasil didaur ulang berdasarkan kategorinya masingmasing,” kata Rika Anggraini, GM Corporate Communication The Body Shop, di Jakarta, Rabu (3/12). Menurut Rika, daur ulang 75% sampah di JFW merupakan standar yang tinggi.

Karena itu, zero waste management adalah pilot project The Body Shop sebagai bagian dari kampanye Project The Planet . Konsep Zero Waste sudah berkembang di negara-negara maju. Sampah diolah menjadi barang yang memiliki nilai pakai dan bahkan diubah menjadi energi pengganti minyak bumi, seperti di Swedia.

Direktur Waste 4 Change Bijaksana Junerosano mengatakan agar konsep Zero Waste ini dapat terwujud, maka harus ada pergeseran perilaku masyarakat menjadi masyarakat yang partisipatif dalam pengelolaan sampah. “Mengubah perilaku masyarakat adalah tantangan yang berat, tapi keberhasilan kami mengedukasi pengunjung JFW merupakan standar tinggi dan harus dikembangkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Adapun dalam proses edukasi pemilihan sampah pada JFW 2015, pencinta fashion pun turut andil dalam waste management ini. Mereka adalah Risty Tagor, Maudy Koesnaedi, Pevita Pearce, Kimmi Djayanti, Kelly Tandiono, Whulandary, Dominique Diyose, Barli Asmara, Iwet Ramadhan, dan Zaskia Sungkar.

Dyah ayu pamela
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)