Alzheimer Belum Ada Obatnya

Selasa, 23 Desember 2014 - 13:13 WIB
Alzheimer Belum Ada Obatnya
Alzheimer Belum Ada Obatnya
A A A
JAKARTA - Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Penyakit ini dapat mematikan sel saraf di dalam otak sehingga penderitanya mengalami kepikunan dan tidak bisa beraktivitas sendiri karena kerusakan pada otaknya.

"Semua orang pasti tua. Bukan cuma kulit aja yang keriput tapi otak juga. Alzheimer bikin otak kita lebih tua. Memori melemah lebih cepat. Penuaan tidak bisa distop tapi bisa di perlambat," ujar Dr yudha Turana Sp.S, saat di temui Sindonews di peluncuran buku Ketika Ibu Melupakanku, di Plaza Senayan, Senin (22/12/2014).

Dia menambahkan lebih lanjut, Alzheimer sampai saat ini belum ada obatnya.

"Alzheimer sampai saat ini belum ada obatnya. Yang penting pencegahannya. Di Indonesia kesempatan hidup meningkat, dengan demikian Alzheimer meningkat," papar dia.

Sedangkan menurut Hana Soetojo sebagai pendamping penderita Alzheimer, penderita Alzheimer bisa kehilangan daya ingat tapi tidak dengan kehilangan kasih sayang.

"Suami saya terkena Alzheimer dari tahun 2002 dan meninggal 2008. Selama masa hidupnya saya selalu membisikkan ‘sayangnya mama’ ke telinga suami saya. Suami saya pun mengangguk, suami saya boleh lupa tapi dia tetap dapat merasakan kasih sayang saya," tuturnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)