Makanan Sehat bagi Ibu Pascapersalinan

Kamis, 01 Januari 2015 - 12:20 WIB
Makanan Sehat bagi Ibu Pascapersalinan
Makanan Sehat bagi Ibu Pascapersalinan
A A A
JAKARTA - Memiliki bayi adalah pengalaman yang indah dan kesempatan yang menggembirakan bagi seorang wanita.

Dengan lahirnya bayi, maka lengkap juga tanggung jawab seorang ibu untuk memberikan yang terbaik bagi bayinya dan dirinya. Seperti halnya dalam makan.

Seorang ibu tetap harus mendapatkan asupan gizi yang baik untuk menjaga kesehatannya dan juga sang bayi. Berikut beberapa makanan terbaik untuk ibu baru melahirkan, seperti dilansir dari Magforwomen:

1. Salmon
Seperti ikan lainnya, salmon memiliki omega 3, asam lemak yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Selain itu salmon juga memiliki jenis lemak yang disebut sebagai DHA. DHA ditemukan dalam air susu ibu (ASI), dalam jumlah kecil dan baik untuk sistem saraf bayi.

Bagi ibu baru melahirkan, dianjurkan untuk mengkonsumsi salmon sebanyak dua kali dalam seminggu. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar DHA yang ada dalam ibu yang baik untuk dirinya dan bayinya. Namun dalam mengkonsumsi salmon harus hati-hati, pasalnya banyak salmon yang mengandung merkuri.

2. Susu, keju dan mentega
Susu, keju dan mentega adalah pilihan yang baik untuk mencukupi asupan vitamin D, vitamin B dan kalsium, bagi ibu baru melahirkan. Vitamin dan kalsium tidak hanya membantu ibu baru melahirkan, tapi juga memperkuat tulang bayi yang baru lahir melalui ASI.

3. Daging sapi tanpa lemak
Bagi ibu baru melahirkan yang tidak menyukai ikan, bisa menggantinya dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak ini baik untuk dikonsumsi ibu baru melahirkan, karena daging tanpa lemak merupakan sumber dari vitamin B12 dan protein.

4. Beras merah dan kacang-kacangan
Ibu baru melahirkan biasanya akan tergoda untuk menurunkan berat badannya dengan cara diet. Sedangkan diet yang dilakukan sang ibu, seperti mengurangi asupan karbohidrat.

Pasalnya mengurangi asupan karbohidrat dapat membuat ibu lemah dan lamban. Beras merah kaya akan karbohidrat dan kacang-kacangan merupakan makanan yang sesuai untuk ibu baru melahirkan.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kale merupakan makanan wajib bagi ibu baru melahirkan. Kale memiliki zat besi dan asam folat serta serat yang dapat membantu sang ibu agar tetap aktif bergerak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4798 seconds (0.1#10.140)