Tetap Bugar dengan Asupan Makanan dan Minuman yang Tepat

Sabtu, 10 Januari 2015 - 18:15 WIB
Tetap Bugar dengan Asupan Makanan dan Minuman yang Tepat
Tetap Bugar dengan Asupan Makanan dan Minuman yang Tepat
A A A
JAKARTA - Olahraga memang kunci agar dapat menjaga kesehatan dan baik untuk tubuh. Tapi, untuk mencapai kebugaran, tak hanya olahraga yang penting. Makanan dan minuman yang tepat pun bisa membantu tetap bugar.

Mengutip Time, berikut 10 makanan dan minuman yang sehat dikonsumsi setelah berolahraga:

1. Oatmeal

Makanan yang kayak kandungan karbohidrat adalah makanan paling tepat saat sebelum melakukan olahraga. Kandungan glukosa yang ada pada oatmeal memberikan energi saat berolahraga. Oatmeal yang kaya beta-glucan dan serat dapat memperlambat pencernaan dan mengontrol gula darah secara stabil. Untuk hasil yang maksimal, pilih yang berasal gandum utuh yang lebih lambat dicerna.

2. Kopi
Mitos bahwa minum kopi saat berolahraga yang dapat memebrikan nyeri saat melakukan fitness tidak benar. Sebelumnya sebuah studi di University of Illinois di Urbana-Champaign pada 2009 melaporkan bahwa pria yang meminum kafein satu jam sebelum bersepeda mengalami lebih sedikit nyeri otot selama latihan mereka dari kelompok serupa pengendara sepeda yang pergi bebas kafein.

Namun hal itu dibantahkam The American College of Sports Medicine menyatakan bahwa kafein tidak menjadi masalah untuk diminum saat dehidrasi.

Menenggak 12 ons kopi satu jam sebelum berolahraga bisa membantu latihan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini juga dapat meringankan sakit atau nyeri pada saat latihan.

3. Kerang
Kerang adalah salah satu makanan laut yang banyak ditemukan di pasaran dan termasuk hidangan yang banyak dipesan direstoran. Moluska ini sarat tembaga, yodium dan zinc, serta mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk membangun hemoglobin, yang memberikan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Kacang almond




Kacang almond mengandung antikosidan yang dapat melindungi dari radikal bebas saat melakukan olahraga. Selain itu kandungan flavonoid, asam fenolik, dan vitamin E yang ada di dalamnya melindungi tunuh dari radikal bebas berbahaya.

Bahkan, pengendara sepeda yang makan almond setiap hari selama empat pekan mengalami peningkatan kapasitas antioksidan sebesar 43%.

5. Kismis
Makanan kecil ini ternyata mengandung banyak karbohidrat yang bisa menghasilkan banyak energi. Selain itu kandungan kalium alaminya mampu mempertahankan keseimbangan cairan, membantu mencegah dehidrasi serta kram otot. Kismis menyediakan lebih dari 300 miligram mineral dibandingkan pisang kecil.

6. Air mineral

Air mineral memang minuman yang tepat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang usai berolahraga. Air juga ampuh untuk melegakan rasa haus yang mendera. Cara terbaik untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan yaitu dengan minum dua liter air sebelum dan sesudah berolahraga.

7. Ikan salmon




Ikan salmon yang kaya kandungan zat besi dapat membuat tubuh lebih kuat. Protein di dalamnya dibutuhkan tubuh untuk kembali memberikan energi pada jaringan otot setelah latihan yang berat. Salmon juga mengandung sumber vitamin D, nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.

8. Jus tomat
Bersepeda selama satu jam lebih akan berdampak kehilangan cairan dan mengeluarkan keringat yang berisikan elektrolit seperti natrium dan kalium. Jus tomat merupakan salah satu minuman yang mengembalikan natrium dan elektrolit pada tubuh. Satu gelas jus tomat memberikan setengah kandungan natrium dan 15 kali kalium.

9. Jahe
Sebuah studi di Journal of Paint mengatakan tanaman jahe ampuh meredakan nyeri otot pascalatihan. Jahe juga telah terbukti mengurangi kekakuan sendi dan bengkak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7522 seconds (0.1#10.140)
pixels