Ubi Jalar Kaya Vitamin B6 yang Pelihara Metabolisme Sel Darah Merah

Senin, 19 Januari 2015 - 18:31 WIB
Ubi Jalar Kaya Vitamin B6 yang Pelihara Metabolisme Sel Darah Merah
Ubi Jalar Kaya Vitamin B6 yang Pelihara Metabolisme Sel Darah Merah
A A A
JAKARTA - Ubi jalar memang nikmat disantap hanya dengan direbus atau digoreng. Tapi, tahukah Anda jika umbi yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh?

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa ubi jalar banyak mengandung vitamin penting, terutama Vitamin B6. Vitamin yang larut dalam air ini diperlukan untuk pemeliharaan metabolisme sel darah merah serta fungsi tubuh lainnya.

Wilmer Barrera dan David Picha, peneliti dari Universitas Negeri Louisiana, menganalisa berbagai kandungan yang terdapat pada tumbuhan ubi jalar seperti daun muda, tangkai muda, tunas, maupun jaringan akarnya. Studi tersebut menemukan bahwa kandungan vitamin B6, vitamin C dan vitamin B2 banyak berada pada daun ubi jalar. Selain itu kandungan vitamin B6, Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi ampuh untuk melawan infeksi.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa daun matang dan muda ubi jalar dapat memberikan sejumlah besar vitamin B6 untuk makanan manusia," ujar para peneliti seperti dikutip Times of India.

Daun ubi juga lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, alpukat, wortel, pisang dan kembang kol.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7369 seconds (0.1#10.140)