5 Camilan yang Patut Dihindari

Selasa, 20 Januari 2015 - 12:49 WIB
5 Camilan yang Patut Dihindari
5 Camilan yang Patut Dihindari
A A A
JAKARTA - Makanan selingan atau yang biasa disebut dengan camilan memang selalu menggugah selera dan sulit dihindari. Terlebih jika kita mengkonsumsinya disaat waktu bersantai atau bahkan ketika disela waktu kerja.

Namun, apakah camilan yang kita makan itu sehat? Atau justru dapat menimbulkan berbagai penyakit? Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut 5 camilan yang sebaiknya dihindari:

1. Kentang Goreng
Tidak dapat dimungkiri, rasa yang disajikan oleh kentang goreng yang disajikan oleh banyak restoran cepat saji memang sangat nikmat. Namun, tahukah Anda bahwa satu porsi kentang goreng mengandung sekitar 500—600 kalori? Tak hanya itu, camilan yang satu ini juga mengandung kadar sodium dan lemak jenuh yang tinggi. Jika Anda kerap menkonsumsinya, risiko yang akan terjadi adalah hipertensi dan kolesterol. Salah satu alternatif yang cukup tepat adalah dengan mengganti camilan kentang goreng Anda menjadi ubi jalar panggang. Karena seperti yang diketahui, ubi jalar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

2. Soda

Untuk minuman bersoda, sepertinya Anda benar-benar harus menghindarinya. Mengapa? Selain kadar gulanya yang tinggi dan tidak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, hasil penelitian membuktikan bahwa soda dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, kerusakan gigi, obesitas, dan diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya cobalah mengkonsumsi air mineral dengan irisan buah lemon. Lemon yang kaya vitamin C selain baik untuk imunitas, kandungan antioksidan pada buah lemon juga bisa memerangi kanker.

3. Es krim
Sebuah penelitian dari Center for Science in the Public Interest telah menemukan bahwa di dalam satu scoop es krim mengandung setidaknya sekitar 250—350 kalori dan lemak jenuh. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan manfaat yogurt yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi, serta pencernaan karena kalsium dan probiotik yang terkandung didalamnya. Selain lebih sehat untuk Anda yang penuh dengan aktivitas, kalori pada yogurt juga nampaknya lebih bersahabat daripada es krim.

4. Permen

Tak jauh berbeda dengan camilan yang sudah dijelaskan sebelumnya, permen terlebih sama sekali tidk memberika kebaikan bagi tubuh Anda. Permen tidak mengandung serat, protein, vitamin, ataupun mineral. Komposisi dari permen hanyalah kumpulan gula yang tentu dapat merusak kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Sebaiknya jauhi permen dan cobalah dekati buah kering, seperti, kurma atau kismis. Selain manis yang alami, buah kering juga kaya akan serat serta mineral potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

5. Sereal
Sereal memang identik dengan anak-anak. Biasanya sereal yang dijual di pasaran cenderung dibuat berwarna-warni dengan bentuk yang menarik dan dikemas dengan apik. Selain itu, pada kemasan Anda kerap menemukan label yang bertuliskan ‘sehat’ atau ‘kaya nutrisi’. Padahal, faktanya, kebanyakan produk tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan hanya sedikit mengandung serat. Oleh karena itu, cobalah ganti dengan oat. Dengan mengkonsumsi oat, Anda dapat menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, menstabilkan kadar gula darah, dan mengurangi kolesterol Anda.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)