Bukan Sekadar Inverter

Minggu, 15 Februari 2015 - 09:15 WIB
Bukan Sekadar Inverter
Bukan Sekadar Inverter
A A A
Teknolog Iinverter sudah menjadi klaim semua pabrik elektronik. Untuk menjadi pembeda, Sharp membenamkan J-Tech Inverter ke dalam produk kulkas dan AC-nya.

Teknologi ini diyakini membuat perangkat kulkas dan AC lebih bertenaga, makin hemat energi, dan ramah lingkungan. Sebab, ada empat konsep yang diadopsi oleh J-Tech Inverter-Japan Technology and Japan Hospitality, yaitu energy savings, strong cooling, comfort, dan durability.

“Dengan diluncurkannya rangkaian J-Tech Inverter di lini lemari es dan AC Sharp, kami optimistis mampu mencapai 32,5% market share (pangsa pasar) untuk lemari es dan 20% untuk AC,” klaim Product Planning Division General Manager PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Herdiana Anita Pisceria kepada wartawan saat launching produk lemari es dan AC berteknologi J-Tech Inverter di Jakarta, belum lama ini.

Untuk produk lemari es, konsep energy savings diaplikasikan melalui fitur sistem 36 langkah pendinginan yang mampu menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Ketika tidak ada perubahan temperatur di dalam lemari es, kompresor akan lebih sedikit mengonsumsi energi. Bahkan mampu mencapai level terendah.

Sementara itu, fitur extra cool pada J-Tech Inverter dapat mendinginkan lemari es sampai dengan 0-2 derajat Celsius. Lebih cepat dibandingkan inverter lainnya, tapi tetap mempertahankan temperatur dengan kontrol ketepatan yang lebih baik. Melalui sistem 36 langkah pendinginan pula, lanjut Herdiana, pergeseran roda gerigi dapat diperhalus.

Gesekan dan suara bising akan terminimalkan sehingga diperoleh fitur comfort yang dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna. Fitur ini juga memungkinkan Express Freezing, yakni cooling performance yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan lemari es pada umumnya.

“Untuk melengkapi seluruh keunggulan ini, rangkaian lemari es JTech Inverter tetap dibenami sejumlah teknologi andalan Sharp, seperti plasmacluster, hybrid cooling system, dan Ag+ nano deodorizer untuk mencegah bau dan menjaga udara tetap segar, LED lighting system, tempered glass tray, dansertaice twist tray .

Semuanya dirancang untuk kenyamanan konsumen,” kata Andrew Gultom selaku Product Planning Division Manager SEID untuk produk lemari es. Guna mendukung konsep durability , seluruh model lemari es pada rangkaian JTech Inverter mampu beroperasi pada tegangan listrik yang rendah. “Yakni mulai dari 95 volt sampai dengan 220 volt, serta dilengkapi dengan garansi 10 tahun. Jadi, Anda tak usah khawatir kalau tegangan listrik naik-turun,” imbuhnya.

Sementara pada perangkat AC, Darma Effendy selaku Product Planning Division Manager SEID untuk produk AC menginformasikan, konsep energy saving diaplikasikan pada kompresor JTech Inverter yang memiliki rotasi hingga 15 langkah. Banyaknya langkah bertujuan memenuhi standar hidup konsumen yang semakin tinggi.

Sistem ini akan menghasilkan suhu super-stabil karena memungkinkan kontrol suhu yang sempurna, menghasilkan pendinginan merata, tapi tetap hemat konsumsi listrik. “Berbeda dengan AC biasa yang mematikan kompresor ketika suhu ruangan sudah tercapai dan menyalakan kompresor kembali ketika suhu meningkat, teknologi J-Tech Inverter mampu bekerja dengan daya minimum untuk menghindari pemborosan listrik ketika suhu ruangan telah tercapai.

Konsumsi listrik konsumen pun dapat dikurangi hingga 60%. Adapun yang tak kalah penting, seluruh model AC pada rangkaian J-Tech Inverter ini telah menggunakan freon R-410A yang ramah lingkungan,” papar Darma pada kesempatan yang sama. Selain hemat, teknologi ini juga dilengkapi konsep strong cooling.

Berupa fitur Jetstream yang mampu mendinginkan ruangan dengan cepat dan segera, menurunkan 5 derajat Celsius dalam 5 menit, dan 40% lebih cepat dibandingkan AC biasa. “Bahkan, remote control pada rangkaian model JTech Inverter memiliki tombol lock-on sensor yang dapat mendeteksi lokasi remote dan secara otomatis mengembuskan udara dingin ke arah pengguna,” imbuhnya.

Untuk aplikasi fitur comfort , teknologi J-Tech Inverter mampu mengontrol suhu secara lebih presisi dengan interval 0,5 derajat Celsius demi kenyamanan Anda. AC J-Tech Inverter juga tetap dilengkapi teknologi plasmacluster yang membuat udara ruangan bersih terbebas dari virus, jamur, dan bau tidak sedap.

Health & Environment Systems Department Division Deputy General Manager Sharp Electronics Malaysia (SEM) yang ikut dalam acara mengatakan, Indonesia merupakan pasar terpenting bagi Sharp. “

Muh iqbal marsyaf
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5956 seconds (0.1#10.140)