Tips Mendekatkan Anak dan Ayah

Selasa, 17 Februari 2015 - 15:40 WIB
Tips Mendekatkan Anak dan Ayah
Tips Mendekatkan Anak dan Ayah
A A A
SENTUHAN FISIK

Agar si kecil dekat dengan ayahnya, keduanya harus sering melakukan kontak fisik. Dan ini bisa dimulai sejak bayi lahir. Para ayah jangan ragu-ragu untuk menggendong buah hatinya ketika baru lahir. Ketika bayi lahir sudah dimandikan, sang ayah boleh mulai menggendongnya. Sentuhan, pelukan, dan ciuman lembut bisa menjadi fondasi awal kedekatan keduanya. Selanjutnya sang ayah juga sebaiknya sering melakukan kontak fisik. Misalnya sesekali memandikan atau mengganti popoknya.

KOMUNIKASI

Komunikasi sangat penting untuk membangun hubungan antara anak dan ayah. Tak harus menunggu anak bisa bicara, komunikasi antarkeduanya sudah bisa dilakukan mulai dari bayi. Komunikasi bisa dilakukan melalui sentuhan, pada tahap awal. Ayah juga bisa aktif mengajaknya bicara walau bayi belum bisa bicara. Selain mendekatkan hubungan keduanya. Aktivitas ini juga akan merangsang kemampuan bicara anak.

BERBAGI ASUH

Mengasuh bayi bukan mutlak kewajiban istri. Suami pun sebaiknya terlibat. Proses ini akan mendekatkan hubungan antara ayah dan anak. Tentu saja si kecil akan senang bila dimandikan ayahnya. Tapi jika Anda tak bisa melakukannya tiap hari, gak perlu khawatir. Para ayah bisa melakukannya pada hari libur. Saat libur, sebaiknya manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk anak. Mulai dari berbagi asuh, seperti memandikan, mengganti popok, hingga memberi makan. Selebihnya manfaatkan waktu untuk bermainmain dengan si kecil agar dia semakin dekat dengan Anda.

Novi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)