Asupan Tepat untuk Bentengi Tubuh dari Flu

Sabtu, 21 Februari 2015 - 14:15 WIB
Asupan Tepat untuk Bentengi Tubuh dari Flu
Asupan Tepat untuk Bentengi Tubuh dari Flu
A A A
JAKARTA - Cuaca yang tak menentu sering kali membuat tubuh jadi lemah. Tak jarang kita terserang flu ketika menghadapi perubahan cuaca.

Nah, ketika menghadapi cuaca yang kerap berubah-ubah tentu diperlukan asupan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, terutama flu, di masa-masa seperti ini. Seperti yang dikutip dari Men's health, berikut beberapa asupan yang tepat dan sehat untuk membentengi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk flu.

Air putih
Dengan mengonsumsi air minum yang cukup mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatasi hidung yang tersumbat karena flu. Daripada memilih minuman berkafein yang memiliki efek diuretic yang dapat menyebabkan dehidrasi lebih cepat, air tentu pilihan yang terbaik untuk kesehatan tubuh Anda.

Teh hijau
Zat utama yang terkandung dalam teh hijau, yakni katekin dan teanin merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu. Sebuah penelitian di Jepang mengatakan bahwa dengan meminum 2 cangkir teh hijau setiap hari mampu mengurangi risiko flu hingga 70%.

Sup ayam

Jika ingin mengatasi flu dengan asupan makanan yang sehat dan nikmat, sup ayam lah pilihannya. Uap yang keluar dari semangkuk sup dapat melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan karena flu. Kuah sup juga dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir tersebut agar dapat dengan mudah dikeluarkan. Tak hanya itu, ayam juga memiliki kandungan gizi dengan efek antiinflamasi untuk membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.

Jus sayur
Menurut sebuah penelitian dari Appalachian State University, sayur yang kaya antioksidan mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit termasuk serangan flu.

Jahe
Saat terserang demam dan flu, jahe dapat Anda konsumsi untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga terbukti mampu membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Untuk menikmatinya, campurkanlah jahe dengan minuman favorit Anda seperti teh atau susu, kemudian minumlah dalam keadaan hangat.

Jus jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C dan karotenoid merupakan antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas dan sangat efektif untuk mencegah perkembangan virus flu yang menyerang tubuh. Untuk merasakan manfaat seutuhnya, konsumsilah 100% jus jeruk dari buah jeruk alami.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6972 seconds (0.1#10.140)