Pekan Singbebas, Festival Tiga Kota di Kalbar

Minggu, 22 Februari 2015 - 08:59 WIB
Pekan Singbebas, Festival Tiga Kota di Kalbar
Pekan Singbebas, Festival Tiga Kota di Kalbar
A A A
TIGA kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Singkawang, Bengkayang, dan Sambas, tengah mempersiapkan diri menggelar 'Pekan Singbebas' untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Festival ini akan berlangsung pada Februari hingga awal Maret 2015. Jarak ketiga kota yang dekat satu sama lain, menjadikan ketiganya bersatu dalam Pekan Singbebas 2015. Dalam satu pekan. wisatawan bisa mengunjungi tiga kota sekaligus.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Singkawang Made Putra, pihaknya tengah menggenjot persiapan Pekan Singbebas. "Kami sudah pada tahap memulai mempromosikan masing-masing daerah melalui brosur, media cetak dan elektronik. Sehingga gaung kegiatan itu tersebar luas dan diketahui wisatawan dalam dan luar negeri."

Pekan Singbebas 2015 dimulai dengan menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Singkawang, yang bisa ditempuh 3,5 jam dari Pontianak. Daerah yang dijuluki kota seribu klenteng ini memiliki kota tua perniagaan dan beragam atraksi budaya cina. Perayaan Cap Go Meh di Singkawang merupakan salah satu event terbesar di Asia Tenggara.

Ritual paling memikat adalah ritual tatung, dimana wanita, pria dan anak-anak akan berkumpul untuk menjadi media penolakkan roh-roh jahat serta kemalangan sepanjang sisa tahun.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0065 seconds (0.1#10.140)