Makanan Sehat untuk Cegah Stres Saat Ujian

Selasa, 24 Februari 2015 - 11:54 WIB
Makanan Sehat untuk Cegah Stres Saat Ujian
Makanan Sehat untuk Cegah Stres Saat Ujian
A A A
UJIAN memang sesuatu yang sering ditakuti oleh kalangan pelajar. Hal itu dapat membuat pelajar maupun mahasiswa stres dalam menghadapinya. Jika pelajar sudah terjebak dalam posisi stres saat ujian, maka akan menjadi masalah besar.

Akan tetapi, stres saat menjelang ujian bisa dihindari dengan mengkonsumsi makanan sehat dan baik. Beberapa makanan sehat ini bisa membantu menghilangkan stres, dan juga akan membantu pelajar mengatasi stres ujiannya. Sehingga bisa selalu menjaga energi dan konsentrasi pikiran saat ujian.

Adapun makanan sehat yang baik untuk mengurangi stres saat ujian sebagaimana dikutip dari Healthmeup :

1. Jeruk
Studi menunjukkan bahwa ketika seorang pelajar banyak tekanan saat ujian, maka kondisi tubuh sedang menurun. Sehingga membutuhkan asupan vitamin C yang banyak. Kondisi seperti ini biasanya seseorang lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karenanya, mengonsumsi jeruk setiap hari merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk menambah kadar vitamin C dalam tubuh. Selain Vitamin C, jeruk merupakan sumber asam folat yang sangat bagus untuk pertumbuhan fisik juga.

2. Bayam
Bayam merupakan sumber yang kaya zat besi dan kalsium bersama dengan vitamin A. Kandungan zat Besi dalam bayam membantu dalam mengembangkan kekebalan yang kuat dan membantu dalam mengembangkan pembangunan sosial dan kognitif selama masa kanak-kanak. Dikarenakan bayam membantu dalam pembentukan hemoglobin dan enzim penting. Di sisi lain, kalsiumnya membantu dalam pembentukan tulang yang kuat dan vitamin A yang bermanfaat dalam mengurangi ketegangan pada mata.

3. Air
Air membantu pencernaan dan membantu menghindari keluhan berkaitan dengan kondisi ginjal, akibat stres dan sembelit. Air dapat membantu mengatur dan menjaga suhu tubuh. Air juga membantu beberapa fungsi lainnya dalam tubuh manusia yang berhubungan dengan energi dan meningkatkan kinerja. Menjaga tubuh tetap cukup cairan saat ujian harus menjadi prioritas kesehatan dan kebiasaan sehari-hari. Ketika kita stres, seseorang cenderung mengabaikan konsumsi air, sehingga dapat menimbulkan penyakit. Mengonsumsi air dalam jumlah yang besar setiap hari mencegah beberapa penyakit.

4. Susu
Mengonsumsi susu yang mengandung sekitar 600 miligram kalsium sehari-hari adalah suatu keharusan bagi pelajar. Kalsium penting untuk pertumbuhan fisik pada anak-anak dan pelajar, serta membantu membangun kekebalan tubuh.

5. Makanan Berprotein
Makanan berprotein seperti telur, susu atau daging, dengan jumlah yang cukup protein adalah suatu keharusan bagi pertumbuhan anak. Pasokan yang tepat protein menyebabkan meningkatkan otot dan membantu anak tetap waspada secara fisik, aktif dan bugar setiap harinya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6888 seconds (0.1#10.140)
pixels