Kelezatan Masakan Betawi

Minggu, 08 Maret 2015 - 09:54 WIB
Kelezatan Masakan Betawi
Kelezatan Masakan Betawi
A A A
Discovery Hotel & Convention Ancol Jakarta menghadirkan restoran dengan konsep unik, yaitu Restoran Kembang Goyang yang mengadopsi kekayaan budaya Betawi.

Ornamen budaya Betawi di Restoran Kembang Goyang memanjakan mata pengunjung restoran selama menikmati menu allacat serta buffet pada santap pagi, siang, ataupun malam. Para tamu juga bisa memilih lokasi tempat makan, baik di dalam ruang tertutup yang nyaman maupun di ruang terbuka di dekat taman dengan tanaman khas tropis yang mengelilingi sisi luar restoran.

“Dengan tagline Betawi Hospitality, restoran ini ingin mengangkat berbagai macam kuliner tradisional Betawi dengan rasa masakan yang autentik,” tutur Tamin, Sue Chef Restoran Kembang Goyang saat ditemui SINDO, beberapa waktu lalu. Sejarah Betawi yang begitu dinamis memengaruhi cita rasa kuliner di Restoran Kembang Goyang.

Makanan khas Betawi di restoran ini dipengaruhi budaya China, Eropa, dan Arab. Misalnya laksa betawi. Makanan tradisional Betawi ini adalah makanan berjenis mi yang diberi bumbu dengan kuah berwarna kekuningan. Campuran udang yang ada dalam kuah laksa membuat rasa dan aromanya menjadi segar.

Kuliner ini memiliki cita rasa yang gurih, asin, dan manis. Laksa betawi berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Laksa betawi di restoran ini biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi putih hangat yang pulen. Tamin menyebutkan, selain laksa betawi, restoran ini juga menyajikan asinan betawi.

Asinan betawi menggunakan berbagai jenis sayuran mentah yang dirajang halus dan diasinkan. Sayur-sayurannya yang dipakai biasanya adalah sawi, kubis, taoge, selada, serutan kasar wortel dan mentimun. Asinan ini lalu disajikan dengan tahu putih serta bumbu kacang yang dicampur cuka atau air asam jawa dan cabai. Rasanya segar, berpadu antara asam, asin, manis, dan pedas.

Asinan ini akan lebih nikmat lagi bila ditambahkan kacang goreng dan kerupuk merah yang renyah. Menyantap masakan tradisional Betawi rasanya akan kurang jika tidak menikmati gabus pucung. Pada dasarnya gabus pucung adalah makanan yang terbuat dari ikan gabus dan buah pucung atau keluwek.

Karena dibuat dengan buah pucung atau keluwek, maka kuah dari gabus pucung berwarna gelap agak kehitaman namun rasanya tetap nikmat. Selain makanan utama yang lezat, restoran ini juga menyediakan kue-kue serta minuman tradisional seperti jaring laba-laba, kue cubit, bandrek, dan bir pletok. Kue cubit memiliki tampilan mungil dengan taburan cokelat meises di atasnya.

Kue yang memiliki rasa manis ini ditata dengan tatanan yang modern dan disajikan ketika masih hangat. “Meskipun bumbu dari masakan Betawi sangat identik, kami berusaha untuk menyajikan masakan Betawi dengan maksimal. Terkadang para chef kami melakukan eksplorasi bumbu dan bahan makanan agar penyajian masakan Betawi tersebut sesuai dengan rasa aslinya,” tutur Tamin.

Selain berbagai masakan tradisional Betawi, Restoran Kembang Goyang juga menyediakan makanan Western, seperti aneka BBQ, sald bar, fruit salad , cream soup, baked potato, pasta, spageti, chicken rolled, roasted beef , dan potato borted . “Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, restoran ini menyediakan paket BBQ berupalamb , daging sapi ataupun assorted fish yang bisa dinikmati bersama keluarga,” tutur Paundra Hanutama, Assistant Marketing Communications Manager Discovery Hotel & Convention Ancol.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6986 seconds (0.1#10.140)
pixels