Menstruasi Berlebihan Ganggu Kualitas Hidup

Senin, 20 April 2015 - 17:51 WIB
Menstruasi Berlebihan Ganggu Kualitas Hidup
Menstruasi Berlebihan Ganggu Kualitas Hidup
A A A
JAKARTA - Bagi wanita yang sudah mengalami menstruasi terkadang mengalami berbagai masalah, seperti darah menstruasi yang terlalu banyak. Namun sayangnya, hal ini kerap dianggap biasa oleh kaum wanita.

Pasalnya, gejala ini merupakan salah satu tanda menstruasi yang tidak dapat dianggap biasa. Keadaan ini kerap disebut sebagai Heavy Menstruation Bleeding (HMB).

"HMB adalah kondisi umum dimana seorang perempuan mengalami menstruasi darah yang berlebihan atau pendarahan yang berlebih," papar Guru Besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM dikawasan Senayan, Senin (20/4/2015).

Lanjut Biran Affandi menjelaskan, pengabaian HMB akan berpengaruh besar bagi penderitanya. Secara tidak langsung HMB berpengaruh pada kualitas hidup wanita.

"HMB berdampak negatif pada kualitas hidup wanita terkait kesehatan seperti faktor fisik, emosional, seksual, dan sosial seperti kelelahan fisik, tekanan emosional, disfungsi seksual dan efek negatif pada kehidupan sosial," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3006 seconds (0.1#10.140)