Kaya Nutrisi, Ikan Lele Bagus untuk Mencegah Stunting

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:59 WIB
Orang tua bisa memperkenalkan anak-anaknya dengan lauk ikan sejak dini, pasalnya ikan sangat membantu dalam mencegah stunting. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Orang tua bisa memperkenalkan anak-anaknya dengan lauk ikan sejak dini. Pasalnya, ikan sangat membantu dalam mencegah stunting.

Namun, sayangnya masyarakat Indonesia cenderung lebih gemar mengonsumsi daging sapi dibanding ikan. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Dengan harga daging sapi yang cenderung lebih mahal, masyarakat bisa memilih ikan yang memiliki harga lebih murah dan bisa membantu mencegah stunting , seperti ikan lele.



Keunggulan ikan lele untuk mencegah stunting akibat kekurangan gizi kronis di antaranya yakni karena mengandung asam lemak omega 3 tinggi untuk perkembangan mata, otak, dan jaringan syaraf serta memiliki komposisi asam amino lengkap.



Seperti mengutip laman kesehatan Alodokter, ikan lele memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

"Kandungan gizi ikan lele meliputi protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12," sebut Alodokter dalam laporannya, yang dikutip Jumat (17/2/2023).

Selain itu, ikan lele dilengkapi dengan DHA dan EPA yang merupakan jenis asam lemak omega-3.

Bukan hanya kaya kandungan nutrisi yang mudah dicerna dan diserap tubuh, serta sumber vitamin D dan kalsium bagi pertumbuhan tulang, ikan lele juga merupakan salah satu ikan dengan kandungan merkuri yang rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More