Kenali Gejala dan Terapi bagi Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 14:14 WIB
Terkait tumbuh kembang anak yang memiliki penyakit jantung bawaan, Spesialis Anak Dr. dr. Nita Ratna Dewanti, Sp.A membenarkan bahwa gangguan pertumbuhan sering kali terjadi. Maka itu diperlukan pemantauan pertumbuhan untuk mempertahankan pertumbuhan linier seperti pemantauan terhadap peningkatan ukuran tubuh semisal tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala, serta peningkatan berat badan agar berhasil dengan optimal.

"Setiap bayi harus mendapat ASI Eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya. Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, harus mendapat MP-ASI yang cukup dan aman, sementara ASI diteruskan sampai usia 2 tahun atau lebih,” kata dr. Nita.

Sementara itu, CEO RSPB dr. Martha M.L. Siahaan, MARS, MHKes mengatakan, melalui seminar yang mereka selenggarakan, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, khususnya pada penyakit jantung bawaan.

"Sehingga jika ada orang di sekitar kita mengalami gejala atau bahkan kondisi dengan penyakit jantung bawaan, kita dapat memberi atau berbagi pengetahuan terhadap langkah atau proses perawatan yang tepat. Yaitu dengan segera menganjurkan atau meyakinkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung,” pungkasnya.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More