4 Tips Mencegah Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:56 WIB
Menjaga asupan makanan, gizi, dan cairan selama menjalani ibadah puasa merupakan hal yang sangat penting. / Foto: ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Menjaga asupan makanan, gizi, dan cairan selama menjalani ibadah puasa merupakan hal yang sangat penting. Ini agar tubuh tidak mudah kehausan (dehidrasi)

Dengan aktivitas yang cukup padat, cairan di dalam tubuh tentunya berkurang. Apabila kekurangan cairan, tubuh akan menjadi lemas.

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi saat sedang menjalani ibadah puasa Ramadan. Sebagaimana menukil laman The Star, berikut cara agar tidak mudah dehidrasi saat puasa.



1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein





Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine, sehingga membuang garam dan air dari tubuh. Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan rasa haus, jadi untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, sebaiknya tetap minum air. Serta konsumsi juga kurma, supaya tubuh lebih berenergi.

2. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Kopi dan Teh



Kemudian, meskipun teh atau kopi menjadi minuman favorit, perhatikan cara mengonsumsinya saat Ramadan. Saat berpuasa, Anda perlu memperhatikan cara konsumsi teh atau kopi, terutama saat sahur.

Menurut Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS , kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini juga akan berdampak pada rasa lemas yang akan timbul sejak pagi saat berpuasa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More