7 Tempat Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Akibatkan 1.700 Orang Tewas

Jum'at, 14 April 2023 - 12:45 WIB


4. Fukushima, Jepang



Foto/Stars Insider

Semua orang mengenal Fukushima di Jepang. Reaktor nuklir di sana rusak saat gempa dahsyat yang melanda tempat itu pada Maret 2011. Tsunami susulan mengirimkan gelombang besar setinggi lebih dari 12 meter menuju pembangkit listrik, yang mengakibatkan kehancuran.

Sebanyak 120 ribu orang di wilayah sekitarnya harus dievakuasi karena ancaman radiasi. Saat ini masih terdapat zona eksklusi di sekitar lokasi bencana, dan pada Juli 2018, tingkat radiasi di dalam pembangkit listrik ditetapkan masih terlalu tinggi untuk dimasuki manusia.

5. Laut Aral, Asia Tengah



Foto/Stars Insider

Laut Aral terletak di antara Kazakhstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Dulunya merupakan laut yang luas, Laut Aral telah mengering dengan cepat sejak 1960-an, setelah proyek irigasi Soviet mengalihkan airnya. Hasilnya adalah salah satu bencana ekologis terbesar.

Terlebih lagi, pestisida dan bahan kimia pertanian lainnya dari tanah sekitarnya mencemari danau. Setelah danau mengering, partikel debu yang tercemar menjadi bahaya kesehatan bagi penduduk di sekitarnya.

6. Pulau Vozrozhdeniya, Laut Aral



Foto/Stars Insider

Di dalam Laut Aral terdapat lokasi yang lebih mematikan. Pulau Vozrozhdeniya digunakan oleh Uni Soviet untuk menguji senjata biologis. Terjadi serangkaian kecelakaan saat masih beroperasi. Banyak orang meninggal setelah pelepasan wabah cacar secara tidak sengaja.

Sejumlah bioweapon dilaporkan disimpan di sana. Termasuk spora antraks dan wabah pes. Setelah pulau itu dievakuasi, banyak tempat yang mulai rusak.



7. Norilsk, Rusia



Foto/Stars Insider

Norilsk di Rusia adalah kota paling utara di dunia, dan menurut beberapa orang, juga paling tercemar di dunia. Peleburan bijih nikel menyebabkan polusi mengerikan di kota beracun ini, melepaskan sejumlah besar gas berbahaya ke udara, yang menyebabkan hujan asam dan kabut asap.

Norlisk adalah rumah bagi 177 ribu orang, dan memiliki harapan hidup rata-rata 10 tahun lebih pendek daripada penduduk Rusia lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More