10 Cara Alami Menurunkan Kolesterol setelah Lebaran

Senin, 24 April 2023 - 06:00 WIB
Semua lemak tak jenuh ganda sangat sehat untuk jantung dan dapat mengurangi risiko diabetes. Lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda dengan manfaat jantung ekstra serta terbukti mengurangi risiko kolesterol jahat dan penyakit jantung.

3. Hindari Lemak Trans



Makanan dengan minyak sebagian terhidrogenasi mengandung lemak trans dan berbahaya. Bahkan jika label mengklaim produk tersebut memiliki "0 gram lemak trans per porsi." Makanan yang umumnya mengandung lemak trans meliputi margarin, kue kering, popcorn, makanan cepat saji yang digoreng hingga pizza.

4. Makan Serat Larut



Serat larut memelihara bakteri usus probiotik yang sehat dan membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Sumber serat larut yang baik termasuk kacang-kacangan, kacang polong, lentil, buah, psyllium, dan berbagai biji-bijian, terutama gandum.

5. Olahraga



Semua jenis olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Semakin lama dan intens latihan, semakin besar manfaatnya. Latihan dengan intensitas sedang selama 30 menit sangat baik untuk kesehatan.



6. Pertahankan Berat Badan



Penurunan berat badan mengurangi kolesterol total, sebagian dengan mengurangi pembentukan kolesterol baru di hati. Penurunan berat badan juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More