Cuaca Panas Menyegat, Ini 4 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah karena Dehidrasi

Selasa, 25 April 2023 - 17:38 WIB
Anda tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya. / Foto: ilustrasi/Touch of Mink
JAKARTA - Ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh biasanya kelembaban bibir menghilang yang ditandai dengan bibir pecah-pecah atau kering.

Dehidrasi terjadi umumnya dikarenakan cuaca yang sangat terik. Belakangan ini, beberapa negara, termasuk Indonesia, tengah menghadapi cuaca panas .

Namun, Anda tidak perlu bingung jika mengalami bibir pecah-pecah, karena terdapat sejumlah cara alami untuk mengatasinya. Anda pun cukup menggunakan bahan yang ada di rumah.



1. Madu





Cara pertama mengoleskan madu. Ini juga berfungsi sebagai exfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati yang kering dari bibir Anda. Dengan memilih madu organik, dan oleskan ke bibir Anda sepanjang hari menggunakan jari atau kapas.

2. Lip Balm



Krim atau stik lip balm umumnya dimiliki di rumah. Lip balm cukup mampu mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Menurut Direktur Penelitian dan Kosmetik Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner, MD, bibir pecah-pecah terkadang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak setelah 1-2 hari, coba gunakan lip balm.

"Bibir pecah-pecah, dikenal sebagai cheilitis, sangat umum terjadi, dan paling sering disebabkan cuaca dingin, kering, dan berangin. Meskipun bibir pecah-pecah biasanya tidak berbahaya, penting untuk melindungi dan menghidrasinya dengan perawatan yang tepat," ungkap dikutip Everyday Health.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More