5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Demensia, Salah Satunya Ngupil

Sabtu, 29 April 2023 - 23:55 WIB

2. Sendirian untuk Waktu yang Lama



Jika Anda tidak terlalu terlibat dalam kontak sosial dan tidak memiliki hubungan nyata dengan dunia luar, Anda pasti akan kesepian.Menurut para ahli kesehatan, orang yang bahkan memiliki beberapa teman dekat lebih bahagia dan lebih produktif dan cenderung menderita demensia dan Alzheimer.

Namun, kesepian dapat memperburuk penurunan otak. Studi John Hopkins mengatakan isolasi sosial adalah faktor risiko substansial untuk demensia, terutama pada lansia dan telah mengidentifikasi teknologi sebagai cara yang efektif untuk campur tangan.



3. Konsumsi Makanan Tidak Sehat



Menurut dokter, berbagai bagian otak terkait dengan pembelajaran, ingatan, dan kesehatan mental pada orang yang makan banyak junk food. Seperti burger, pizza, kentang goreng, keripik, hingga soda.

Diet tinggi makanan olahan, lemak tidak sehat, dan tambahan gula menyebabkan peradangan, stres oksidatif, dan faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko terkena penyakit.

4.Kurang Tidur



Sebuah studi, yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengatakan lansia yang tidur kurang dari lima jam per malam dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan demensia, dan dua kali lebih mungkin meninggal, dibandingkan dengan mereka yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

Menurut dokter, salah satu alasannya berkaitan dengan pengendapan protein Alzheimer, beta-amyloid yang mengelompokkan dan menggumpal bersama untuk membentuk plak Alzheimer.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More