Sering Merasa Ngantuk? Waspada! Bisa Jadi Anda Terjangkit Narkolepsiii

Rabu, 05 Juli 2023 - 13:03 WIB
Narkolepsi merupakan penyakit langka yang memengaruhi 1 : 2.000 orang. Kondisi ini dilihat dari sistem saraf terganggu dan menyebabkan rasa kantuk berlebih pada siang hari atau mendadak terlelap tanpa kenal batas waktu dan tempat. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami kantuk berat selama bertahun-tahun walaupun sudah tidur cukup? Kalau ya, bisa jadi Anda terjangkit narkolepsi atau gangguan tidur akut.

Narkolepsi merupakan penyakit langka yang memengaruhi 1 : 2.000 orang. Kondisi ini dilihat dari sistem saraf terganggu dan menyebabkan rasa kantuk berlebih pada siang hari atau mendadak terlelap tanpa kenal batas waktu dan tempat.

Tidak hanya menghambat aktivitas sehari-hari, kondisi tersebut juga dapat membahayakan penderitanya. Penderita narkolepsi sulit untuk terjaga dalam waktu lama bagaimanapun kondisinya. Hal ini yang menyebabkan jam tidur tidak normal dan memengaruhi kualitas hidup.







Gejala narkolepsi dapat diketahui mulai dari usia 10-25 tahun. Namun, penyakit ini jarang diketahui dan rentan misdiagnosis.

Narkolepsi tidak hanya memiliki gejala tidur berlebihan, namun dapat pula disertai dengan sleep paralysis, halusinasi, dan katapleksi. Katapleksi merupakan melemah atau hilangnya kontrol pada otot wajah, leher, dan lutut.

Ada dua tipe narkolepsi. Narkolepsi yang disertai dengan katapleksi adalah narkolepsi tipe 1, sedangkan narkolepsi tanpa katapleksi disebut tipe 2.

Pemicu narkolepsi hingga kini belum dapat dipastikan. Akan tetapi, sebagian besar pengidap narkolepsi memiliki kadar hipokretin rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More