6 Cara Meringankan Nyeri Asam Urat, Gampang Banget!

Rabu, 05 Juli 2023 - 08:10 WIB
loading...
6 Cara Meringankan Nyeri Asam Urat, Gampang Banget!
Terdapat sejumlah cara meringankan nyeri asam urat. Beristirahat dan minum obat yang tepat adalah cara ampuh untuk meringankan serangan asam urat. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah cara meringankan nyeri asam urat. Bukan dengan cara diurut, beristirahat dan minum obat yang tepat adalah cara ampuh untuk meringankan serangan asam urat.

Asam urat merupakan kondisi menyakitkan dari artritis kristal atau inflasi di mana kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan sendi bengkak dan kaku. Serangan lebih sering terjadi pada tengah malam, sekitar 50 persen mulai di jempol kaki.

Ketika serangan asam urat terjadi, sendi yang terkena menjadi bengkak, hangat saat disentuh, dan tampak sangat merah. Bahkan, tekanan sekecil apa pun pada sendi akan terasa amat menyakitkan.



Dilansir dari laman Everydayhealth, berikut enam cara meringankan nyeri pada saat asam urat menyerang.

1. Istirahatkan Tangan

Jika sering mengangkat beban berat setiap waktu tanpa berhenti, istirahat sejenak adalah solusi yang tepat. Dengan melakukan istirahat dalam waktu tertentu, tubuh bakal terasa lebih rileks.

Namun, jika memungkinkan, Anda sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat hingga sakit di pergelangan tangan sembuh sehingga dapat melakukan rutinitas kembali seperti biasa.

2. Kompres dengan Es Batu

Menempelkan es batu di area sakit dengan kompres adalah cara paling umum untuk meredakan pembengkakan pada cedera tubuh. Cara ini juga berlaku untuk mengurangi peradangan asam urat. Lakukan kompres es batu selama 20-30 menit setiap hari.

3. Minum Obat Sesuai Anjuran Dokter

Jika Anda sudah memeriksakan penyakit ke dokter, pasti akan diberi obat-obatan. Jenis obat yang diberikan biasanya berupa ibuprofen dan naproxen. Namun, pastikan terlebih dulu obat sesuai dengan resepnya.


4. Minum Banyak Air

Meski cara ini akan mempunyai efek dalam jangka waktu yang lebih lama daripada obat pereda nyeri, tetapi minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

5. Memperhatikan Diet Sehat

Memperhatikan diet sehat pada badan dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan membatasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut.

6. Cegah Tekanan pada Sendi

Tekanan sedikit saja pada area yang terkena asam urat bisa terasa sangat menyakitkan. Sebagian orang yang mengalami hal ini tidak akan tahan, bahkan ketika sedang berada di kasur sekali pun. Maka itu, pastikan sendi Anda terbebas dari tekanan-tekanan yang bisa membuat sakit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)