5 Makanan Ini Bisa Cegah Obesitas yang Picu Risiko Komplikasi Penyakit

Jum'at, 21 Juli 2023 - 06:30 WIB
Penting untuk menjaga pola hidup dan asupan guna mencegah terjadinya obesitas. Foto/iStock
JAKARTA - Penderita obesitas berisiko mengalami berbagai komplikasi penyakit mematikan. Beberapa yang cukup sering terjadi ialah hipertensi, stroke, hingga jantung.

Di Indonesia sendiri, kasus obesitas yang menelan nyawa kerap kali terjadi. Belum lama ini, seorang pria asal Tangerang, Cipto Raharja, meninggal dunia setelah memiliki bobot tubuh hingga 200 kilogram.

Hal serupa juga pernah terjadi oleh pria bernama Fajri. Di usia yang 29 tahun, Fajri tutup usia akibat obesitas dan memiliki bobot tubuh hingga 300 kilogram.

Obesitas disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yang cukup mempengaruhi ialah pola makan.





Asupan yang tak seimbang dan diiringi dengan tidak berolahraga bisa menjadi faktor kuat seseorang mengalami obesitas. Untuk itu, penting untuk menjaga pola hidup dan asupan guna mencegah terjadinya obesitas.

Berikut deretan makanan sehat yang bisa bantu cegah kondisi obesitas.

1. Gandum Utuh

Pertama ada gandum utuh yang bisa jadi makanan untuk mencegah obesitas. Gandum utuh memiliki efek yang lebih lembut pada gula darah dan insulin, yang dapat membantu menahan rasa lapar.

Tentu saja, kalori dari biji-bijian utuh, buah-buahan utuh, dan sayuran tidak hilang. Apa yang mungkin terjadi adalah ketika orang meningkatkan asupan makanan ini, mereka mengurangi kalori dari makanan lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More