6 Manfaat Melakukan Gerakan Plank Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Harus Setiap Hari

Minggu, 30 Juli 2023 - 08:40 WIB
Gerakan plank. Foto/Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Manfaat melakukan gerakan plank bagi tubuh wajib diketahui setiap orang. Sebab, jika gerakan olahraga tersebut rutin dilakukan dapat merasakan banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Plank merupakan salah satu bentuk gerakan dalam berolahraga yang dapat menguatkan core dan perut. Latihan-latihan ini juga memperkuat pinggul, punggung bawah, dan perut serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

Meskipun terlihat simpel, namun gerakan plank ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat gerakan plank bagi tubuh itu? Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Phameasy, Minggu (30/7/2023).



6 Manfaat Gerakan Plank Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Berlatih plank setiap hari dapat membantu meregangkan kelompok otot inti yang telah disebutkan sebelumnya. Tentunya hal ini banyak memiliki manfaat terutama bagi orang yang latihan yoga.



2. Mengurangi sakit punggung

Postur plank membantu menyelaraskan tulang belakang (tulang kecil) dengan sempurna di tulang belakang. Gerakan ini dapat membantu meringankan sakit punggung dan bahkan menunda timbulnya atau mencegah sakit punggung di usia tua.

3. Meningkatkan metabolisme

Pose ini membantu membangun otot perut dan dalam banyak kasus bahkan meningkatkan perkembangan otot di bagian tubuh lainnya (karena menambah kekuatan inti).

Dengan lebih banyak massa otot, Anda akan membakar lebih banyak kalori dan ini akan mengatur nafsu makan yang sehat. Oleh karena itu, melakukan gerakan plank setiap hari dapat membantu meningkatkan metabolisme.

4. Mengurangi lemak perut

Karena plank melatih otot inti perut Anda, gerakan ini adalah latihan yang bagus untuk menghilangkan lemak perut yang membandel. Melakukan plank selama beberapa menit setiap hari saja dapat membantu mengurangi lemak perut dan memberikan bentuk yang menarik bagi tubuh Anda.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More