5 Tips Membuat Acar untuk Pendamping Olahan Daging Kurban

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:30 WIB
Komposisi bumbu untuk marinasi acar juga sangat penting. Acar harus mempunyai rasa manis, dan asam. Acar yang terlalu asam terasa kurang nikmat, namun jika kurang asam juga bukan acar namanya.

Anda bisa bereksperimen untuk menemukan takaran komposisi bumbu yang disukai. Selain itu, bisa menggunakan cuka masak untuk memberikan rasa asam. Alternatif lainnya bisa menggunakan air lemon atau air jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Rendam setidaknya 30 menit

Setelah semua sayuran diiris dan bumbu marinasi siap, campur semua bahan. Pastikan semua sayuran direndam dengan bumbu. Dalam tahap ini, acar masih belum bisa langsung dikonsumsi.

Acar perlu didiamkan selama setidaknya 30 menit hingga 1 jam agar bumbu bisa benar-benar meresap ke dalam sayuran. Jika disimpan dalam kulkas, acar mentimun mentah bisa bertahan selama kurang lebih dua hari.

5. Untuk acar masak, perhatikan proses memasak

Berbeda dengan acar mentah, acar yang dimasak dikenal dengan acar bumbu kuning. Sayuran untuk acar kuning ini dimasak bersama bumbu dan biasanya disajikan dengan ikan goreng.

Untuk membuat acar kuning sebaiknya perhatikan urutan proses memasak. Sayuran dengan tekstur keras harus dimasak pada urutan pertama kemudian disusul dengan sayuran yang bertekstur lunak. Dengan cara ini sayuran akan mempunyai tekstur yang sama-sama renyah dan segar.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More