Mengenal Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Kamis, 14 September 2023 - 09:33 WIB
5. Bubuk daun kelor baik untuk penderita diabetes karena membantu menurunkan jumlah glukosa dalam darah.

6. Daun kelor mencegah penebalan arteri sehingga mengurangi tekanan darah tinggi.

7. Membantu meningkatkan penglihatan dengan menghentikan pelebaran pembuluh retina.

8. Mengobati Anemia – membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi sehingga jumlah darah merah meningkat.

9. Membantu mengatasi gangguan mood, kecemasan, dan kelelahan.

10. Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, ia membantu pencernaan, mengobati sembelit dan masalah lambung.

11. Jus daun kelor berperan sebagai antiseptik pada masalah kulit dan baik untuk penyembuhan luka.

12. Baik untuk ibu menyusui karena membantu meningkatkan produksi ASI.

Cara Mengolah Daun Kelor

Daun kelor segar mudah didapat di pasaran, ada baiknya Anda membuat bubuk daun kelor dan menggunakannya kapan pun diperlukan.

Membuat bubuk dari daun kelor sangatlah mudah. Ambil daun segar yang empuk, petik daunnya dan buang batang serta tangkainya lalu cuci bersih 2-3 kali dengan air secukupnya lalu oleskan di atas serbet dapur untuk menyerap kelembapan berlebih.

Sekarang taruh di saringan/ayakan atau di atas serbet dan jemur di tempat yang tertutup (jangan ditaruh di bawah sinar matahari langsung karena akan mempengaruhi warna hijau cerah daun). Anda juga bisa menjemurnya di bawah kipas angin jika tidak bisa menjemurnya di bawah sinar matahari.

Daunnya akan mengering dalam 1-2 hari. Jika daun sudah garing, hancurkan perlahan dan buang batang serta tangkainya jika masih ada, lalu haluskan daun tersebut ke dalam mixer dan simpan dalam wadah kedap udara. Itu tetap segar selama 6 bulan pada suhu kamar.

Setelah 6 bulan mungkin kehilangan sebagian potensinya tetapi masih bisa dimakan. Anda juga bisa mendinginkannya jika membuatnya dalam jumlah besar. Rasanya mungkin sedikit pahit jadi gunakanlah sedikit demi sedikit.



Berapa Banyak yang Harus dikonsumsi?

Dosis bubuk kelor yang dianjurkan adalah dimulai dengan 1/2 sdt per orang dan dapat ditingkatkan menjadi 1 sdt setiap hari. Mengonsumsi terlalu banyak bubuk daun kelor sekaligus dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, sakit perut atau perut berair, setelah itu Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan probiotik seperti pagi lengkap untuk membantu menormalkan kembali sistem pencernaan. Namun, praktik terbaiknya adalah memulai secara perlahan dan kemudian meningkatkannya secara bertahap seiring berjalannya waktu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More