5 Fakta Kota Mulia, Daerah Terdingin Nomor 1 di Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:37 WIB

2. Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya



Kota Mulia merupakan ibu kota dari Kabupaten Puncak Jaya. Kota ini memiliki kekayaan dan alam yang luar biasa dan masih terjaga keasriannya hingga sekarang ini.



Sebagai salah satu kota yang berada di pegunungan, Kota Mulia memiliki penduduk yang terbilang cukup banyak, yakni sebanyak 35.884 jiwa. Berdasarkan data Dukcapil 2021, sebanyak 95,19 persen penduduknya beragama Kristen.

3. Memiliki Curah Hujan Tinggi Sepanjang Tahun



Kota Mulia diketahui memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahunnya, yakni mencapai 3.000 mm/tahun. Namun, terdapat berbagai faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya curah hujan tersebut.

Salah satunya karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan Jaya Wijaya yang memiliki iklim tropis basah. Curah hujan yang tinggi juga membuat kota mulia menjadi daerah subur dan hijau.

4. Mempunyai Rumah Unik untuk Menangkal Cuaca Dingin



Sebagian besar warga di Kota Mulia tinggal di honai, rumah adat Papua yang hangat, tanpa jendela, sehingga udara dingin tidak mudah masuk ke dalam rumah terutama saat malam hari.

Honai adalah rumah panggung yang terbuat dari kayu dan atap dari ilalang. Rumah dengan bentuk yang sangat unik ini biasanya berbentuk bulat atau persegi dan memiliki satu pintu masuk saja.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More