6 Makanan Terbaik yang Bisa Tingkatkan Aliran dan Sirkulasi Darah

Kamis, 19 Oktober 2023 - 06:17 WIB
Meskipun masalah peredaran darah sering kali dapat diatasi dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa meningkatkan aliran darah. Foto/iStock
JAKARTA - Sirkulasi darah yang buruk adalah masalah umum yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Penyakit arteri perifer (PAD), diabetes, obesitas, merokok, dan penyakit Raynaud adalah beberapa dari banyak penyebab buruknya sirkulasi.

Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti nyeri, kram otot, mati rasa, masalah pencernaan, dan rasa dingin pada tangan atau kaki.

Meskipun masalah peredaran darah sering kali dapat diatasi dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga bisa meningkatkan aliran darah. Berikut adalah 5 makanan terbaik untuk mengoptimalkan aliran darah, dikutip dari laman Healthline, Kamis (19/10/2023).



1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal karena dampak menguntungkannya pada sirkulasi dan kesehatan jantung.



Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih khususnya senyawa sulfurnya, termasuk allicin dapat meningkatkan aliran darah jaringan dan menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

2. Kunyit

Menurut pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok, kunyit telah dimanfaatkan sejak zaman kuno untuk membuka pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah karena adanya senyawa kurkumin di dalam kunyit.

3. Bawang Merah

Bawang merah adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik serta bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan membantu arteri dan vena melebar saat aliran darah meningkat.

Bawang juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan pada vena dan arteri.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More