500 Warga Bogor Gelar Yoga Bersama, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Minggu, 29 Oktober 2023 - 19:00 WIB
Manfaat yoga untuk kecantikan ini bisa didapatkan melalui beberapa pose, salah satunya adalah pose sirsasana (berdiri dengan kepala). Pose ini dapat membantu melancarkan suplai darah ke otak dan wajah. Sehingga suplai oksigen ke sel-sel otak dan wajah akan meningkat, kadar hormon stres menurun, wajah cenderung menjadi awet muda, dan terhindar dari masalah jerawat.

3. Mengurangi Kram Perut saat Menstruasi



Gerakan yoga diketahui dapat membantu mengurangi tekanan di rahim, kram, serta meringankan rasa kaku di bagian punggung bawah yang umumnya menjadi gejala PMS (premenstrual syndrome).

4. Membantu Proses Pemulihan Penyakit



Manfaat yoga bagi tubuh berikutnya adalah mendukung proses pemulihan penyakit. Maka dari itu, yoga sering dijadikan sebagai pendamping perawatan medis. Contohnya, pasien stroke yang sedang melakukan terapi fisik dengan menerapkan yoga yang dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik.

5. Mengurangi Nyeri Punggung



Yoga yang dilakukan secara rutin dapat meredakan nyeri punggung. Aktivitas fisik ini dinilai sama efektifnya dengan jenis peregangan lain yang dapat membantu penderita nyeri punggung lebih mudah bergerak. Yoga terbukti dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Selain itu, yoga juga bermanfaat meredakan nyeri kronis yang disebabkan cedera, arthritis, hingga nyeri akibat migrain.



6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh



Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Di mana, secara tidak langsung hal ini dapat menurunkan risiko mengalami cedera. Aktivitas fisik ini akan membantu dalam memiliki tubuh yang lebih lentur. Bahkan, lansia yang rutin melakukan yoga mengalami peningkatan fleksibilitas hampir empat kali lipat karena otot-otot dan ligamen akan meregang selama melakukan yoga.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More