Jamu Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO, Begini Proses Panjang yang Dilalui

Rabu, 13 Desember 2023 - 06:40 WIB




Berdasarkan pengumuman Direktur Perlindungan Kebudayaan tentang Hasil Seleksi Usulan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke UNESCO pada 18 Februari 2022, Budaya Sehat Jamu menjadi nominasi Warisan Budaya Tak Benda yang diajukan oleh Indonesia ke UNESCO. Pada 14 Maret 2022 tim nominasi telah mengirimkan berkas dokumen seperti yang disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Perjuanagn tersebut akhirnya membuahkan hasil. Setelah melakukan pengajian dan evaluasi oleh UNESCO, Budaya Sehat Jamu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau UNESCO Intangible Cultural Heritage. Keputusan tersebut ditetapkan dalam sidang komite ke-18 yang diselenggarakan pada 4-9 Desember 2023 di Kasane, Botswana.

Namun, hal tersebut bukanlah akhir perjuangan untuk melestarikan budaya sehat jamu. Jony ingin seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam melestarikan minuman berkhasiat ini.

"Perlunya kerja sama mulai dari pemerintahan, industri, masyarakat, perguruan tinggi, peneliti, semuanya perlu ikut serta dan juga memahami serta mengedukasi bahwa jamu menjaga kesehatan dan sebagai suatu bentuk budaya promotif dan preventif," pungkas Jony.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More