Penanganan Saraf Terjepit, Operasi Adalah Jalan Terakhir

Rabu, 13 Desember 2023 - 13:45 WIB

Layanan Pain Management

Mengurangi rasa sakit penting dilakukan. Dikatakan dr Sutis, di pusat layanan ini, dokter akan mengurangi rasa nyeri pasien tanpa operasi. Biasanya akan menggunakan obat oral. Juga akan dibarengi dengan fisioterapi. Jika kurang berhasil, maka akan dilakukan penyuntikan di mana saraf kejepit terjadi.



"Biasanya dengan cara ini sudah akan membaik. Bisa hilang nyeri 50 persen. Itu sudah bagus bagi penderita yang nyerinya hingga 100 persen," jelasnya.

Jika memang sudah parah keluhannya dan disertai dengan keluhan kencing dan berak hingga patah tulang, maka mau tidak mau harus dilakukan tindakan operasi.

"Keluhan kencing dan berak itu baik yang kesulitan atau yang sering kali terjadi. Itu sudah harus dilakukan operasi," tukasnya.

Tapi dr Sutis menegaskan bahwa tidak semua nyeri itu saraf kejepit. Bisa jadi itu karena otot memar atau otot sobek. "Jadi memang harus dilakukan pemeriksaan yang tepat," ungkapnya.

Karena itu, dr Sutis menyarankan agar berhati-hati jika hendak beraktivitas untuk menghindari cedera. Misalnya saat berolahraga, mengangkat beban, dan sebagainya.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More